Rafatera Semarak Kegiatan Ramadan Sivitas Akademika Itera

Rafatera Semarak Kegiatan Ramadan Sivitas Akademika Itera

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Atmosfer semaraknya bulan suci Ramadan kembali hadir di Institut Teknologi Sumatera (Itera) melalui kegiatan Ramadan Fair Itera (Rafatera). Dengan semangat kebersamaan dan kebaikan, Rafatera hadir sebagai momen kebaikan di lingkungan kampus.

Ketua pelaksana Rafatera 2024, Muhammad Hanif Ibrahim (Teknik Lingkungan) mengatakan, Rafatera bukan sekadar acara tahunan biasa, melainkan upaya penting untuk menciptakan lingkungan kampus yang religius dan menyediakan sarana ibadah bagi sivitas.

Menurut Hanif, selain menghadirkan suasana religius, Rafatera juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan momen kebersamaan dalam berbagai kegiatan yang diadakan. Ada sebanyak sepuluh kegiatan menarik dapat diikuti oleh seluruh sivitas akademika Itera. Mulai dari tabligh akbar yang mengundang pembicara terkemuka, bazar yang menawarkan beragam kuliner dan produk kreatif, hingga kegiatan santunan untuk masyarakat sekitar yang membutuhkan. Rafatera juga menggelar kegiatan tadarus live serta on the street, yang menjadi momen untuk berbagi kebaikan dan kebersamaan. Peserta juga dapat mengikuti kajian berbuka, berbuka puasa gratis, serta melaksanakan salat tarawih berjamaah.

“Ngabuburit menjadi salah satu sorotan baru dalam Rafatera tahun ini. Dengan konsep yang menghibur dan mengedukasi, mahasiswa dapat menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa dengan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan,” ujar Hanif.

Ngabuburit menjadi salah satu sorotan baru dalam Rafatera tahun ini. Dengan konsep yang menghibur dan mengedukasi, mahasiswa dapat menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa dengan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan

Tak ketinggalan, kegiatan panahan sebelum berbuka juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta olahraga ini.

Pengelolaan Rafatera tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk Dewan Wali Pembina, dosen-dosen, KM ITERA, serta Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) yang aktif terlibat dalam penyelenggaraan. Upaya branding dan sosialisasi dilakukan secara intensif melalui berbagai media, termasuk poster dan sosialisasi langsung kepada seluruh HMPS Itera.

“Dengan serangkaian kegiatan Rafatera ini, kami berharap mahasiswa dapat menggunakan momen Ramadan sebagai ajang untuk mencari kebaikan, meningkatkan ibadah, serta mempererat tali persaudaraan antar sesama,” ujar Hanif.

Rafatera bukan hanya menjadi ajang untuk beribadah, tetapi juga sebagai momentum untuk mempererat hubungan antar individu dalam lingkungan kampus. Dengan semangat kebersamaan, diharapkan Rafatera dapat memberi manfaat yang besar bagi seluruh sivitas akademika Itera dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Jurnalis : Muhammad Fasya Atthoriq (Teknik Informatika)