Akademik ITERA

Pendidikan akademik adalah pendidikan tinggi yang diarahkan terutama pada penguasaan dan pengembangan disiplin ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni tertentu, yang mencakup program pendidikan sarjanamagister, dan doktor.

Sistem Informasi Akademik Insitut Teknologi Sumatera  adalah suatu sistem yang dirancang untuk keperluan pengeloaan data-data Akademik untuk mempermudah administrasi kampus Perguruan tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan, profesi, dan vokasi dengan program pendidikan.

  • Penerimaan Program Sarjana
  • Kalender Akademik
  • Biaya Pendidikan
  • KKN (Kuliah Kerja Nyata)
  • Kemahasiswaan

Alur Penerimaan Program Sarjana ITERA

ITERA memiliki 3 Jurusan yang terbagi dalam 35 Program studi S1 yang bisa dilihat di laman Jurusan  dengan 4 jalur pendaftaran yakni:

SNMPTN

SNMPTN adalah seleksi nasional masuk PTN menggunakan nilai rapor atau prestasi lain. Seleksi ini diselenggarakan secara bersama secara nasional tanpa ujian tertulis lewat seleksi berkas yang di lakukan pihak LTMPT

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau disingkat SBMPTN merupakan seleksi bersama dalam penerimaan mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi negeri menggunakan pola ujian tertulis secara nasional yang selama ini telah menunjukkan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi calon mahasiswa, perguruan tinggi negeri, maupun kepentingan nasional. Bagi calon mahasiswa, ujian tertulis sangat menguntungkan karena lebih efisien, murah, dan fleksibel karena adanya mekanisme lintas wilayah. Info selengkapnya bisa di akses di web pmb Itera

SMM PN-Barat 

SMM PTN-BARAT merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan secara bersama antar perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam BKS-PTN Indonesia Wilayah Barat. Penyelenggaraan seleksinya berdasar hasil ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang dilakukan secara bersama dibawah koordinasi panitia SMM PTN-BARAT. Selengkapnya bisa dilihat di web pmb Itera

 Jalur Prestasi Khusus

Selengkapnya bisa dilihat dilaman ini terkait dengan informasi Jalur Prestasi Khusus

 



Kalender Akademik ITERA 2020/2021

Biaya Pendidikan ITERA

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 Institut Teknologi Sumatera (ITERA) akan menerapkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sesuai dengan KEPUTUSAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 383/M/KPT/2018 TENTANG PERUBAHAN ATAS KEPUTUSAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI NOMOR 91/M/KPT/2018 TENTANG BIAVA KULIAH TUNGGAL DAN UANG KULIAH TUNGGAL PADA PERGURUAN TINGGI NEGERI DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI TAHUN ANGKATAN 2018 (dapat dilihat disini)

Selama kuliah setiap mahasiswa tidak dikenakan biaya apapun selain biaya UKT tersebut. Biaya praktikum, uang pangkal, uang gedung, sumbangan, jas almamater, dan baju olahraga sudah termasuk kedalam UKT. Penentuan besaran UKT akan mengikuti kemampuan orang tua. Kecuali untuk Skema Mandiri (SMMPTN) mahasiwa dikenakan UKT Golongan VIII (8) yang bersifat mengikat hingga akhir masa kuliah.

UKT ITERA terdiri dari 8 kelompok dengan besaran antara 500 ribu sampai dengan 9.500, berikut adalah kelompok UKT yang ada di ITERA:

Download (PDF, Unknown)

 

Sedangkan khusus untuk Mahasiswa Jalur MANDIRI selain dikenakan UKT Golongan VIII (8), mahasiswa juga wajib membayar Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI) satu kali selama masa studi. Dengan besaran yang berbeda pada masing-masing Program Studi sesuai  Keputusan Rektor Institut Teknologi Sumatera Nomor 397/IT9.A/SK/KU/2018

 

Download (PDF, Unknown)

KKN (Kuliah Kerja Nyata)

KKN ITERA

Perguruan tinggi  memiliki kewajiban dalam bentuk Tridharma Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat seperti yang disebutakn dalam UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9. Dalam pelaksanaan Tridharma perguruan tinggi, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) merupakan salah satu bentuk dari pengabdian kepada masyarakat dari InstitutTeknologi Sumatera. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa dan civitas akademik melalui kegiatan terjun langsung di tengah-tengah masyarakat. Mahasiswa diharapkan mampu menjadi bagian dari masyarakat serta secara aktif dan kreatif terlibat dalam dinamika yang terjadi di masyarakat. Keterlibatan mahasiswa tidak hanya menjadi kesempatan untuk belajar dari masyarakat namun juga dapat memberi pengaruh positif dan aktif dalam pengembangan masyarakat sehingga memberikan warna baru dalam pembangunan masyarakat. Program KKN dapat menjadi sarana untuk mentrasfer ilmu dan teknologi kepada masyarakat terutama di daerah pedesaan. KKN ini diharapkan dapat mendorong pemberdayaan masyarakat pedesaan untuk membangun desanya.

Penyelenggaraan KKN seyogianya dapat menjangkau tiga sasaran utama. Pertama, sebagai wahana pembelajaran bagi para mahasiswa (peserta KKN) untuk mengaplikasikan berbagai teori yang dienyam selama menempuh kegiatan perkuliahan yang sesuai dengan disiplin ilmu (personality empowerment). Kedua, KKN dapat memberikan nilai tambah dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat (community empowerment)). Ketiga, KKN merupakan media untuk membangun kemitraan antara lembaga perguruan tinggi yang bersangkutan dengan masyarakat (institutional empowerment), termasuk di dalamnya sebagai upaya untuk membangun citra bagi perguruan tinggi yang bersangkutan.

Pelaksanaan KKN Institut Teknologi Sumatera dilaksanakan setiap akhir semester dan kegiatan perdana KKN berlangsung pada bulan Juli 2018. Selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa ITERA, KKN juga merupakan salah satu syarat kelulusan Sarjana bagi seluruh mahasiswa ITERA. Pelaksanaan KKN ITERA juga diharapkan menjadi wadah pembekalan mahasiswa ITERA untuk berkontribusi kepada masyarakat dalam hal pengembangan dan pembangunan masyarakat sebelum mereka dikembalikan nantinya ke masyarakat setelah lulus kuliah.

Info Selengkapnya bisa dilihat di web KKN ITERA

 

Kemahasiswaan ITERA

Kemahasiswaan Institut Teknologi Sumatera adalah segala sesuatu yang dilakukan mahasiswa baik itu kajian mempersiapkan suatu pengmas (pengembangan masyarakat) hingga eksperimen yang terkait dengan aktivitas kampus. Dengan kata lain arti kata kemahasiswaan bagi Institut Teknologi Sumatera sendiri adalah sebagai seluk-beluk mahasiswa  yang bersangkutan baik dari sisi akademis maupun non-akademis.

Berbagai bidang yang menjadi ranah kegiatan kemahasiswaan Institut Teknologi Sumatera. Mulai dari Ranah Kompetisi, Beasiswa, Keweirausahaan, Konseling, Kesehatan, Karir, Ikatan Alumni,  Himpunan dan Komunitas Mahasiswa yang berperan sebagai wadah mengembangkan kapasitas kemahasiswaannya.

Tujuan adanya kemahasiswaan ini ialah dapat menampung aspirasi, inisiasi, atau gagasan-gagasan positif dan kreatif melalui berbagai kegiatan yang relavan dengan tujuan pendidikan nasional serta visi dan misi dari Institut Teknologi Sumatera

Akses web informasi kemahasiswaan ITERA disini