• Informasi Umum
  • Kurikulum
  • Staff Pengajar
  • Lulusan

Program Studi Teknik Perkeretaapian (PS KA) ITERA resmi berdiri pada tanggal 5 Agustus 2020 dengan memfokuskan penyelenggaraan pendidikan teknik perkeretaapian pada bidang manajemen, sistem operasi, prasarana, mekanik. Ilmu teknik perkretaapian merupakan ilmu dinamis yang berkembang sangat cepat, sehingga materi pembelajarannya pun harus diperbaharui sesuai dengan kemajuan terbaru dan memiliki orientasi pengembangan di masa depan pada bidang keilmuan masing-masing, seperti Sistem Signaling Kereta Api, Elektronik untuk Sistem Kereta Api, Mekanik Sistem Kereta Api. Desain dan Analisis Kendaraan dan Komponen Kereta Api, Perencanaan dan Manajemen Proyek Investasi Kereta Api. Pengoperasin Sistem Transportasi Kereta Api Urban.
Jelasnya tujuan dari terbentuknya PS KA ITERA tertuang juga dalam visi program studi, yaitu bersaing, terintegrasi, teknologi tinggi, bersinergi dengan industry, terjangkau, responsive, terhadap pembangunan

Secara umum Kurikulum program sarjana PS KA ITERA ditempuh melalui proses pembelajaran sebanyak 144 SKS selama 8 semester.

Lulusan PS KA ITERA diharapkan mampu menjadi pelaku industri perkembangan perkeretaapian Indonesia, peneliti persinyalan, sarana, dan prasana perkeretaapian, pendidik teknik perkeretaapian dengan terlebih dahulu melanjutkan studi S2/S3 di bidang teknik perkeretaapian.