Atmosfer dan Keplanetan ITERA

  • Informasi Umum
  • Kurikulum
  • Struktur Organisasi
  • Lulusan

Program studi Sains Atmosfir dan Keplanetan merupakan sebuah program studi yang memiliki fokus kajian pada bidang ilmu sains atmosfir dan astrofisika. Prodi Sains Atmosfir mengkaji atmosfir antariksa dekat yang mempelajari perilaku atmosfir terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi. Selain itu Program studi ini juga mengkaji tentang atmosfir antariksa jauh yang mana mempelajari interaksi antara Matahari terhadap Bumi dan planet-planet lainnya dalam sistem Tata Surya. Prodi Sains Atmosfir dan Keplanetan berada di Institut Teknologi Sumatera dan merupakan yang pertama di Indonesia.

Tertarik dengan dunia antariksa dan eksplorasi ruang angkasa? Program studi ini pas banget untukmu! Pada program studi Sains Atmosfir dan Keplanetan kamu akan mendapatkan pengetahuan komprehensif mengenai fenomena-fenomena yang terjadi di atmosfir dan ruang angkasa. Tentunya, kalau ingin memilih jurusan ini kamu harus menguasai pelajaran-pelajaran eksak seperti matematika, fisika, dan kimia.

Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (PS SAP) didirikian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 26/KPT/I/2018 Tanggal 10 Januari 2018 merupakan program studi baru di Institut Teknologi Sumatera yang yang akan dibuka pada tahun akademik 2018/2019.

Teknologi dewasa ini telah mencapai era yang disebut dengan “space age” dimana pada era ini, pengembangan keilmuan bertujuan untuk mempelajari segala sesuatu tentang Bumi, sistem tata surya dan alam semesta. Untuk menjawab tantangan ini, PS SAP dibentuk sebagai program studi pertama di Indonesia yang menggabungkan antara sains atmosfer dan astrofisika.
Sains Atmosfer menitikberatkan pada kajian atmosfer antariksa dekat yang mempelajari perilaku atmosfer terhadap perubahan cuaca dan iklim di Bumi dan atmosfer antariksa jauh yang mempelajari perilaku interaksi antara Matahari terhadap Bumi dan Planet-planet lain di Tata Surya dalam kajian “Cuaca Antariksa”. Bidang Astronomi mempelajari tentang exoplanet, struktur galaksi, astrofisika bintang dan lintasan orbit benda-benda langit.

Karakter Siswa yang sesuai untuk menjadi mahasiswa program studi sains atmosfer dan keplanetan yaitu :

VISI

“Menjadi program studi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia, serta berinovasi pada bidang sains atmosfer dan keplanetan melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada diwilayah Sumatera dan sekitarnya”

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dasar dan terapan dalam bidang meteorologi dan astronomi yang berdaya saing global diimbangi dengan peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan
  2. Meningkatkan keilmuan dan apresiasi masyarakat terhadap sains atmosfer dan keplanetan
  3. Mengadakan kerja sama dengan pemerintah (pusat dan daerah) maupun badan swasta terkait dalam melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang meteorologi dan astronomi.

Kurikulum Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan

  1. Peneliti (BMKG, BPPT, LAPAN, Perguruan Tinggi Negeri, LIPI, Kementerian Agama dan RISTEK)
  2. Staff pengajar di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta
  3. Analis di bidang pertanian, kelautan, energi, hidrologi, sistem informasi, dan penerbangan
  4. Konsultan industri telekomunikasi, satelit, dan sistem navigasi
  5. Konsultan IT dan pengembangan perangkat lunak serta pengembangan industri instrumen pengukuran cuaca dan iklim
  6. Jurnalisme