Peserta NASE Kunjungan Astronomi ke Taman Purbakala Pugung Raharjo

Peserta NASE Kunjungan Astronomi ke Taman Purbakala Pugung Raharjo

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Peserta Pelatihan Pendidikan Sains Astronomi atau Network for Astronomy School Education (NASE) yang diadakan oleh Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bekerja sama dengan Serikat Astronomi Internasional atau International Astronomical Union (IAU) melakukan kunjungan astronomi (Astronomical Visit) ke Taman Purbakala Pugung Raharjo, di Lampung Timur, Kamis (22/8/2019).

Astronomical visit merupakan bagian dari rangkaian akhir acara NASE, yang telah dilaksanakan sejak 19 Agustus 2019. Kunjungan tersebut diikuti seluruh peserta NASE yang terdiri dari para guru SMA/SMK sederajat, mahasiswa, serta orang-orang yang berkecimpung pada bidang astronomi didampingi para instruktur dan panitia dari UPT Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL).

Koordinator Program IAU-NASE Workshop yang juga Dosen Program Studi Sains, Atmosfer dan Keplanetan ITERA Nindhita Pratiwi, S.Si., M.Si. menyampaikan tujuan dari kegiatan asronomical visit adalah untuk mengeksplorasi sisi akrkeoastronomi dari situs purbakala Pugung Raharjo di Lampung Timur. Dari kunjungan yang dilakukan, selain mempelajari mengenai sejarah situs tersebut, peserta juga mencoba mengkaji hubungan antara orientasi punden berundak, menhir dan dolmen dengan objek maupun fenomena astronomi.

Selain itu, para dosen dari Prodi Sains Astmosfer dan Keplanetan ITERA juga mencoba mengukur sudut orientasi dari punden berundak, menhir dan dolmen tersebut bersama para peserta NASE.

“Dalam kunjungan tersebut, seluruh peserta NASE juga mendapatkan penjelasan langsung mengenai sejarah, proses pemugaran dan perawatan situs purbakala ini dari petugas setempat,”ujar Nindhita.

NASE yang diadakan di ITERA kali ini, merupakan yang ke dua. Kegiatan tersebut melibatkan pakar astronomi lokal dan internasional, seperti perwakilan Serikat Astronomi Internasional (IAU) Alan C Pickwick, dosen astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr. Chatief Kunjaya M.Sc., serta para dosen Astronomi dan bidang keilmuan lain ITERA. [Humas]