Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Pemprov Jambi ajak Mahasiswa ITERA Ciptakan Terobosan dan Inovasi Teknologi

Pemprov Jambi ajak Mahasiswa ITERA Ciptakan Terobosan dan Inovasi Teknologi

Print Friendly, PDF & Email

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggelar stadium general yang menghadirkan Staf Ahli Gubernur Jambi bidang Hukum dan Politik, Husni Jamal, di Aula ITERA, Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Jatiagung, Lampung Selatan, Kamis (21/1).
Pada kegiatan tersebut, Husni mengajak seluruh mahasiswa untuk lebih kreatif menciptakan terobosan dan inovasi di bidang teknologi demi pembangunan yang lebih baik di masa depan.
Menurut dia, terobosan dan inovasi di bidang teknologi harus dilakukan agar Indonesia khususnya provinsi-provinsi di Sumatera bisa bersaing di era globalisasi seperti sekarang. “Misalnya di Sumatera ini kan permasalahannya infrastruktur. Nah mahasiswa harus mampu ciptakan teknologi untuk membangun infrastruktur yang lebih murah namun kualitasnya tetap berkualitas,” kata Husni.
Selain itu, mahasiswa juga ditantang untuk menghasilkan teknologi yang bisa menambah nilai jual produk unggulan di daerah. Selama ini, kata Husni, sumber daya alam di Jambi dan kebanyakan daerah lain di Sumatera hanya berupa bahan mentah atau setengah jadi. Kalau bisa diolah menjadi barang jadi, ujar dia, tentunya memiliki nilai tambah dan kesejahteraan masyarakat bisa ikut meningkat.
“Misalnya getah karet yang belum jadi apa-apa paling dihargai Rp50 ribu per kilo. Setelah diekspor ke Jepang kemudian di sana diolah jadi piston rem mobil, harga satu biji seberat 10 gram mencapai Rp100 ribu. Coba kalau bisa diolah di sini, kan pendapatan bisa jadi lebih besar,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Close Menu