Keseruan Permainan Wallet Warrior Karya DKV Itera, Buat Mahasiswa Paham Literasi Keuangan

Keseruan Permainan Wallet Warrior Karya DKV Itera, Buat Mahasiswa Paham Literasi Keuangan

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS – Tim Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sumatera (Itera) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Kali ini, mereka melalui tugas akhir mahasiswanya, merancang board game simulasi bernama Wallet Warrior, sebuah permainan investasi dasar yang menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa. Dalam kegiatan ini, tim Dosen DKV Itera berkolaborasi dengan mahasiswa Program Studi Manajemen Institut Maritim Prasetiya Mandiri (IMPM) yang berlokasi di Bandar Lampung sebagai mitra.

Tim Dosen DKV Itera yang terlibat terdiri dari Muhammad Hajid An Nur, M.Ds. (Ketua tim PKM), Reza Pustika, M.Pd., Nufikha Ulfah, M.Pd., Susi Susyanti, M.Ds., Dr. Sunarsih, M.A., Anjar Nur Cholifah, M.Pd., dan Maria Veronika Br Halawa, M.Sn. sebagai anggota. Sebanyak 18 mahasiswa IMPM terlibat dalam kegiatan ini di bawah bimbingan Vitratin, S.P., M.Sc., dosen Program Studi Manajemen sekaligus Ketua Penjamin Mutu di IMPM.

Meskipun generasi ini tumbuh di era teknologi dan berorientasi pada karier serta stabilitas finansial, kurangnya literasi keuangan dan pengetahuan investasi membuat mereka rentan terhadap keputusan finansial yang kurang tepat.

Ketua tim PKM, Muhammad Hajid An Nur, M.Ds., menyampaikan, latar belakang kegiatan ini adalah pentingnya literasi keuangan bagi mahasiswa, terutama Generasi Z, yang lahir antara tahun 1995-2009. Meskipun generasi ini tumbuh di era teknologi dan berorientasi pada karier serta stabilitas finansial, kurangnya literasi keuangan dan pengetahuan investasi membuat mereka rentan terhadap keputusan finansial yang kurang tepat.

“Melalui board game Wallet Warrior, mahasiswa diajak memahami konsep dasar investasi, mengelola risiko, dan membuat keputusan finansial yang lebih cerdas,” ujar Hajid.

Sementara, dosen IMPM Vitratin, S.P., M. Sc., menilai, dengan bermain Wallet Warrior, mahasiswa tidak hanya belajar, tetapi juga mendapat pengalaman langsung dalam mengambil keputusan investasi. “Kami percaya bahwa board game adalah media yang efektif untuk menyampaikan materi kompleks dengan cara yang menyenangkan dan interaktif,” ujar Vitratin.

Aurelia, salah satu mahasiswa IMPM, menuturkan, bermain Wallet Warrior memberikan pengalaman yang menyenangkan sekaligus menantang. Permainan ini melatih kemampuan mahasiswa dalam menyusun strategi investasi, sehingga mereka bisa menjadi pemenang di dalam permainan maupun dalam dunia nyata. (Rilis/Humas)