Cakupan bidang ilmu (body of knowledge) yang diajarkan di Program Studi Teknik Informatika meliputi ilmu pada area computer science dan software engineering sehingga mahasiswa memiliki kemampuan analisis persoalan yang terkait bidang computer science dan software engineering; dan juga kemampuan untuk mengembangkan solusi perangkat lunak (software) baik yang kompleks  maupun dalam skala besar (large scale software).

Bidang Informatika merupakan bidang keilmuan yang kemajuannya sangat pesat. Kemampuan pemrosesan komputasi berpindah ke berbagai perangkat khusus, seperti handphone dan berbagai sensor yang terdapat pada benda yang digunakan sehari-hari, seperti meja, bolpen, toilet, setrika dan lain-lain, yang saling terhubung (Internet of Things). Interaksi manusia dengan komputer juga berkembang ke arah berbagai model yang lebih alami, seperti sentuhan, suara, virtual reality, bau, mimik muka dan lainnya. Pengelolaan data berkembang dalam skala yang jauh lebih besar, sejalan dengan perkembangan kemampuan pemrosesan dan penyimpanan data, serta produksi data yang terjadi. Hal ini memunculkan berbagai tantangan pada semua level di bidang Informatika.

Penguasaan teori dasar di bidang Informatika menjadi semakin penting, mengingat berbagai algoritma yang selama ini relevan sebagai kajian, mulai terlihat manfaat aplikatifnya dengan berkembangnya kemampuan komputasi dan kebutuhan pengolahan data yang besar dan beragam. Kemampuan pemrograman yang mampu memanfaatkan parallel dan heterogeneous processor menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh software developer. Kebutuhan akan pengolahan data yang besar serta kemampuan komputasi skala besar juga menimbulkan kebutuhan pemahaman komputasi hemat energi (green computing). Pemahaman yang kuat tentang sistem cerdas menjadi semakin penting, karena semakin banyaknya benda sehari2 yang memiliki kemampuan komputasi, dan dapat beradaptasi sesuai kebutuhan penggunanya (anticipatory, assistive computing).

Selain itu, penggunaan sistem berbantuan komputer di berbagai bidang kehidupan akan lebih banyak lagi mengingat hubungan antar manusia yang sudah semakin tidak mempersoalkan lokasi geografis lagi dan juga persaingan antar industri yang semakin ketat serta membutuhkan keefisienan pengelolaan. Integrasi antara bidang informatika dengan bidang lain akan menjadi bertambah banyak baik dari segi sistem informasi, rekayasa perangkat lunak maupun teknik inteligensia buatan seperti misalnya bioinformatika, sosial. Dalam tataran nasional, tantangan yang ada tidak berbeda jauh dengan tataran global, mengingat negara Indonesia memiliki wilayah dan penduduk yang cukup besar dan sistem berbasis komputer tidak lagi mempersoalkan lokasi geografis.

 

Bidang Kajian

  1. Algoritma& Pemrograman:
    • Algorithm & Complexity
    • Programming Paradigm
    • Platform based Development
  2. Dasar Matematika (Discrete Structure, Calculus, Probability & Statistics)
  3. Sistem komputer
    • Architecture & Organization
    • Operating System
    • Network & Communication
    • Parallel & Distributed
  4. Information Management (including Database, Information System and Information Assurance – Security)
  5. Software Engineering (including Project Management and Human Computer Interaction)
  6. Graphics & Visualization
  7. Intelligent system
  8. Social & Professional Issue

Untuk dapat menghasilkan solusi perangkat lunak yang menangani masalah kompleks dan large scale system, mahasiswa perlu memiliki pengetahuan dan pemahaman mengenai berbagai ilmu yang dinyatakan di atas, juga memiliki kemampuan yang baik dalam mengembangkan sebuah perangkat lunak dan juga kemampuan analisis teknologi terbaik dalam memberikan solusi.

Pada dasarnya, dari setiap bidang ilmu yang diajarkan di Program Studi, yang akan diajarkan ke mahasiswa adalah berupa kemampuan menganalisis masalah, merancang solusi serta menggunakan tools yang memudahkan proses tersebut. Adapun Learning Objectives dari setiap Body of Knowledge adalah sebagai berikut:

Knowledge Area Learning Objectives
Algoritma& Pemrograman: Lulusan memiliki kemampuan computational thinking yang tinggi, mampu mengabstraksikan domain problem dan solusinya ke dalam representasi data dan algoritma secara efektif dan efisien dalam berbagai paradigma, bahasa, dan platform (hardware dan software) pemrograman untuk membangun perangkat lunak yang kompleks.
Dasar Matematika Lulusan memahami berbagai teori dasar matematika serta mampu menerapkannya dalam semua knowledge area lainnya yang terkait di Prodi Teknik Informatika
Sistem komputer  Lulusan memiliki berbagai kemampuan terkait sistem komputer sebagai berikut:-          Mampu mengembangkan software yang berinteraksi menggunakan jaringan komputer-          Mampu mengembangkan software yang menjadi pembangun dasar jaringan komputer-          Mampu mengembangkan software yang optimal untuk dijalankan di atas sistem operasi yang ada
Information Management 1.    Lulusan mampu mengenal dan memahami semua istilah dan terminologi di Bidang Basis Data2.    Lulusan mampu merancang model basis data dalam yang sesuai dengan kebutuhan3.    Lulusan mampu menggunakan sistem manajemen basis data dalam mengimplementasikan sebuah basis data4.    Lulusan mampu menangkap kebutuhan organisasi dan menerjemahkannya ke dalam pemodelan informasi
Software Engineering 1.   Lulusan mampu mengenal dan memahami semua istilah dan terminologi di Bidang RPL2.    Lulusan mampu melakukan seluruh proses pembangunan perangkat lunak (skala kecil) secara mandiri dengan proses yang baik, dengan menerapkan metodologi dan standard yang ada dan diakui secara internasional3.    Lulusan memiliki wawasan untuk melakukan pembangunan perangkat lunak skala besar dalam tim, dengan menerapkan metodologi dan standard yang ada dan diakui secara internasional4.    Lulusan menjadi memimpin proyek pembangunan perangkat lunak skala kecil sampai menengah, dan mampu menjadi anggota proyek pembangunan perangkat lunak skala besar5.    Lulusan terampil mengoperasikan berbagai (lebih dari satu) alat bantu (tools) untuk pemodelan perangkat lunak (analisis dan perancangan), implementasi (coding), dan pengujian perangkat lunak6.    Lulusan memahami pengoperasian dan pemeliharaan perangkat lunak7.    Lulusan mempunyai pemahaman yang luas tentang masalah yang harus ditangani perangkat lunak di zaman sekarang dan di masa yang akan datang, yang memiliki karakteristik yang semakin kompleks, berskala terus membesar, serta memanfaatkan berbagai media
Graphics & Visualization 1.    Lulusan mampu mengenal dan memahami semua istilah dan terminologi di Bidang Komputer Grafik2.    Lulusan mampu membuat modul komputer grafik dengan berbagai algoritma komputer grafik3.    Lulusan mampu  menggunakan API komputer grafik untuk visualisasi
Intelligent System 1.    Lulusan memahami berbagai istilah dasar pada intelligent system2.    Lulusan mampu membedakan pendekatan terbaik untuk setiap permasalahan tertentu3.    Lulusan mampu mengembangkan perangkat lunak baik jenis problem solving agent, knowledge based agent maupun learning based agent
Social & Professional Issue 1.    Lulusan memahami isu dan tanggung jawab profesi, etis, legal, keamanan dan sosial2.    Lulusan memahami pentingnya kemampuan komunikasi dan kerja sama3.    Lulusan mampu untuk berfungsi secara efektif di dalam tim untuk mencapai tujuan bersama4.    Lulusan mampu untuk berkomunikasi secara efektif kepada beragam audiens5.    Lulusan menyadari perlunya pengembangan profesi berkelanjutan

 

Fasilitas 

Institut Teknologi Sumatera telah menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan akademik. Fasilitas yang dimaksud adalah: gedung kuliah milik sendiri, laboratorium komputer, perpustakaan, laboratorium fisika dasar, laboratorium kimia dasar, dan fasilitas internet. Selain itu, untuk menunjang kegiatan perkuliahan, Institut Teknologi Sumatera juga bekerja sama dengan institusi pendidikan lainnya, yaitu : Institut Teknologi Bandung, Universitas Lampung, Universitas Bandar Lampung dan IAIN Raden Intan Bandar Lampung.

Prospek Dunia Kerja

Lulusan Program Studi Teknik Informatika mempunyai prospek yang sangat baik, karena saat ini semua bidang telah bersentuhan dengan teknologi informasi dan membutuhkan solusi berbasiskan teknologi komputasi. Secara khusus lulusan Program Studi Teknik Informatika dapat mengisi profesi pada bidang-bidang berikut ini:

  1. Analisis Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak
  2. Web Programmer
  3. Desktop Programmer
  4. Database Administrator
  5. Tenaga Ahli Jaringan Komputer
  6. Tenaga Pengajar atau Dosen
  7. Enterpreneur

Secara umum capaian lulusan Program Studi Teknik Informatika diharapkan dapat melingkupi bidang:

  1. Kemampuan menerapkan pengetahuan di bidang komputing dan matematika yang sesuai dengan disiplin ilmu
  2. Kemampuan menganalisis problem, melakukan identifikasi dan mendefinisikan kebutuhan komputing yang sesuai dengan solusinya
  3. Kemampuan untuk merancang, melakukan implementasi dan evaluasi sistem, komponen, proses atau program berbasis komputer untuk memenuhi kebutuhan yang diinginkan
  4. Kemampuan untuk berfungsi secara efektif di dalam tim untuk mencapai tujuan bersama
  5. Pemahaman isu dan tanggung jawab profesi, etis, legal, keamanan dan sosial
  6. Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif kepada beragam audiens
  7. Kemampuan untuk menganalisis perlunya komputing dan dampak lokal/global dari komputing pada individu, organisasi dan masyarakat
  8. Menyadari perlunya terlibat dalam pengembangan profesi berkelanjutan
  9. Kemampuan untuk menggunakan teknik, keahlian dan kakas terkini yang diperlukan untuk praktek komputing
  10. Kemampuan untuk menerapkan dasar matematika, prinsip algoritma dan teori ilmu komputer dalam pemodelan dan perancangan sistem berbasis komputer sedemikian sehingga menunjukkan pemahaman terhadap keunggulan dan kelemahan yang terdapat pada pilihan rancangan yang ada
  11. kemampuan untuk menerapkan prinsip perancangan dan pengembangan yang mencakup perspektif level sistem dalam konstruksi sistem perangkat lunak dengan kompleksitas yang beragam

 

Kurikulum

Secara garis besar, Kurikulum 2013 Program Studi Sarjana Teknik Informatika terbagi atas dua tahap, yakni:

Tahun Pertama Bersama (TPB) : 2 semester, 36 SKS

Tahap Sarjana : 6 semester, 107 SKS
Mata Kuliah Wajib : 84 SKS
Mata Kuliah Pilihan : 23 SKS

Total : 8 semester, 143 SKS
Mata Kuliah Wajib : 120 SKS
Mata Kuliah Pilihan : 23 SKS

 

Tabel 1 – Struktur Matakuliah TPB

Semester I Semester II
 No Kode Nama Mata Kuliah SKS  No Kode Nama Mata Kuliah SKS
1  MA1103R Matematika I 4 1  MA1203R Matematika II 4
2  FI1103R Fisika Dasar I 4 2  FI1203R Fisika Dasar II 4
3  KI1103R Kimia Dasar I 3 3 KI1203R Kimia Dasar II 3
4  KU1101R Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan 2 4  KU1201R Sistem Alam Semesta 2
5  KU1001R Olahraga 2 5 KU1021R Pemahaman Teks Akademik 2
6  KU1011R Tata Tulis Karya Ilmiah 2 6 KU1072R Pengantar Teknologi Informasi 2
7  KU1103R Pengantar Sains 2
Total SKS 19 Total SKS 17
Total SKS Tahun 1 = 36 SKS

 

Tabel 2 – Struktur Matakuliah Program Studi

Semester III Semester IV
 No Kode Nama Matakuliah SKS  No Kode Nama Matakuliah SKS
1 IF2110R Algoritma & Struktur Data 4 1 IF2210R Pemograman Berorientasi Objek 3
2 IF2120R Matematika Diskrit 3 2 IF2211R Strategi Algoritma 3
3 IF2121R Logika Informatika 3 3 IF2220R Teori Bahas Formal dan Otomata 3
4 IF2122R Probabilitas dan Statistika 3 4 IF2230R Sistem Operasi 3
5 IF2123R Aljabar Geometri 3 5 IF2240R Basis Data 3
6 IF2130R Organisasi & Arsitektur Komputer 3 6 IF2250R Dasar Rekayasa Perangkat Lunak 2
7 Agama & Etika 2
Total SKS 19 Total SKS 19
Total SKS Tahun 1 = 38 SKS

 

Semester V Semester VI
 No Kode Nama Matakuliah SKS No Kode Nama Matakuliah SKS
1 IF3130R Jaringan Komputer 3 1 IF3230R Sistem Paralel dan Terdistribusi 3
2 IF3170R Inteligensi Buatan 4 2 IF3250R Proyek Perangkat Lunak 4
3 IF3151R Interaksi Manusia Komputer 3 3 IF3240R Sistem Informasi 3
4 IF3150R Manajemen Proyek Perangkat Lunak 2 4 IF3260R Grafika Komputer 3
5 IF3110R Pengembangan Aplikasi Berbasis Web 2 5 IF3280R Socio-Informatika dan Profesionalisme 3
6 IF3111R Pengembangan Aplikasi pada Platform Khusus 2 6 Jaringan Komputer Lanjut (Pilihan) 3
7 IF3140R Manajemen Basis Data 2  7  Pemrograman Web Lanjut (Pilihan)  3
8 Kriptografi (Pilihan) 3  8  Rekayasa Perangkat Lunak Berbasis Komponen (Pilihan)  3
Total SKS 21 Total SKS 25
Total SKS Tahun 1 = 46 SKS

 

Semester VII Semester VIII
 No Kode Nama Matakuliah SKS  No Kode Nama Matakuliah SKS
1 IF4090R Kerja Praktek 2 1 IF4092R Tugas Akhir 2 4
2 IF4091R Tugas Akhir 1 dan Seminar 2 2 Pancasila & Kewarganegaraan 2
3 IF4150R Rekayasa Perangkat Lunak Spesifik Domain 2 3 Pilihan Lingkungan 2
4 Interpretasi dan Pengolahan Citra (Pilihan) 3
5 Data Mining (Pilihan) 3
6 Sistem Informasi Lanjut (Pilihan) 3
Total SKS 15 Total SKS 8
Total SKS Tahun 1 = 23 SKS

 

Staf Pengajar

Selain dari internal, dosen Institut Teknologi Sumatera juga berasal dari banyak institusi terutama dosen terbang dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Lampung, Universitas Bandar Lampung dan IAIN Randen Intan Bandar Lampung. Diantara dosen pengampu matakuliah di Program Studi Teknik Informatika adalah sebagai berikut:

  1. Dr. Acep Furqon
  2. Agus Suroso, S.Si., M.Si.
  3. Ahmad Anggraria Jaya Agung, S.Si., M.Sc.
  4. Jejen Jaelani, S.S., M.Hum.
  5. Sunarsih, S.S., M.A.
  6. Santika, M.Sc.
  7. Dr. Yayan Sugianto
  8. Hidayat Sardi, M.Si.
  9. Dr. Qomaruzaman
  10. Yani Widyani, ST.,MT.
  11. Harlili S., M.Sc.
  12. Nur Ulfa Maulidevi, ST., M.Sc.
  13. Judhi Santoso, M.Sc., P.hd.
  14. Dr. Ayu Purwarianti
  15. Dr. Prima Roza
  16. Rajif Agung Yunmar, S.Kom., M.Cs.
  17. Raidah Hanifah, ST., MT.