Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
OAIL ITERA Akan Amati Gerhana Bulan Penumbra Sabtu 6 Juni 2020

OAIL ITERA Akan Amati Gerhana Bulan Penumbra Sabtu 6 Juni 2020

Print Friendly, PDF & Email

LAMPUNG SELATAN. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) akan melakukan pengamatan fenomena gerhana Bulan penumbra yang terjadi Sabtu dini hari, (6/6/2020) mulai Pukul 00.45-04.00 WIB. Tim OAIL akan mengamati fenomena astronomi tersebut dengan menggunakan teleskop lunt 80mm dan kamera CMOS monokrom. Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pengamatan dapat menonton siaran langsungnya di chanel YouTube OAIL di http://bit.do/oail .

Laboran UPT OAIL, Aditya Abdillah Yusuf, S.Si, menyampaikan pada saat gerhana Bulan penumbra, Bulan akan masuk bagian penumbra Bumi yaitu bayang-bayang Bumi yang lebih tipis dan samar dari pada bayang-bayang sejati (umbra).

Pada saat gerhana ini terjadi, bagian Bulan yang masuk penumbra Bumi akan nampak lebih redup. “Fenomena ini akan dimulai pada hari sabtu dini hari pukul 00:45 – 04:04 WIB dengan puncak fenomena terjadi pukul 02:26 WIB”, ujar Aditya, Kamis (4/6/2020).

“Fenomena ini akan dimulai pada hari sabtu dini hari pukul 00:45 – 04:04 WIB dengan puncak fenomena terjadi pukul 02:26 WIB.”

Aditya menambahkan gerhana Bulan penumbra dapat diamati hampir di seluruh wilayah Indonesia. Selain Indonesia, sebagian Amerika Selatan dan Amerika Utara, negara-negara di Eropa, Afrika, Asia, dan Australia berkesempatan menikmati gerhana ini. Gerhana ini akan terjadi sangat halus, sehingga banyak yang tidak menyadari terjadi gerhana.

Selain gerhana Bulan penumbra akan ada fenomena susulan yaitu gerhana Matahari cincin yang diperkirakan terjadi pada tanggal 21 Juni 2020. Pada fenomena gerhana Matahari cincin, untuk masyarakat Lampung tidak semuanya dapat mengamati, hanya masyarakat di bagian Utara Provinsi Lampung yang kemungkinan bisa melihat fenomena gerhana Matahari sebagian. [Humas]

Close Menu