Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
UPT MKG ITERA Bekali Pengetahuan Mitigasi Bencana pada Kakak Asrama
Sebanyak 36 kakak asrama ITERA mengikuti pembekalan seputar mitigasi bencana yang disampaikan oleh UPT MKG ITERA, di Kampus ITERA, Jumat (24/7/2020). Pembekalan Kakak Asrama diadakan Pengelola Asrama ITERA sebagai persiapan menyambut kedatangan penghuni asrama mahasiswa ITERA tahun 2020. Foto : UPT MKG/ Pengelola Asrama ITERA

UPT MKG ITERA Bekali Pengetahuan Mitigasi Bencana pada Kakak Asrama

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG) ITERA memberikan pembekalan mitigasi bencana kepada seluruh mahasiswa ITERA yang akan menjadi kakak asrama, di kampus ITERA, Jumat (24/7/2020). Pembekalan tersebut menjadi bagian dari rangkaian pembekalan kakak asrama ITERA tahun 2020, yang diadakan 22-24 Juli 2020, sebagai bagian dari persiapan kedatangan mahasiswa baru penghuni asrama ITERA tahun akademik 2020-2021.

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 36 kakak asrama yang terdiri dari 18 kakak asrama putra dan 18 putri, mendapatkan pengetahuan seputar potensi bencana yang mungkin terjadi di lingkungan asrama dan musti diwaspadai oleh para penghuninya. Materi disampaikan oleh Laboran UPT MKG ITERA, Dimas Triyono,S.T.

Dalam pembekalan tersebut Dimas Triyono menyampaikan materi terkait potensi bencana yang dapat terjadi di lingkungan asrama dan bagaimana mitigasi bencana yang dapat dilakukan untuk mengatasi bencana tersebut. Pada kesempatan ini juga dilakukan simulasi mitigasi kebakaran dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) dan juga karung basah dengan pendampingan dari tim UPT K2L ITERA.

Selain memperoleh materi mitigasi kebencanaan, selama mengikuti agenda pembekalan para kakak asrama juga mendapatkan beberapa materi lain, seperti kepemimpinan dan organisasi, physicologi first aid, penerapan the 7th habbit, membuat vision board, pelaporan keuangan kegiatan, pemapran program asrama, manajemen stres dan emosi hingga penerapan protokol kesehatan asrama dimasa new normal.

Pembekalan tersebut bertujuan mempersiapkan kakak asrama agar menjadi pendamping asrama yang profesional, bertanggung jawab, dan siap menjadi garda awal dalam penanganan masalah di asrama ITERA. [Humas]

Close Menu