Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Mahasiswa ITERA Adakan Penyuluhan Pemberantasan Hama Pertanian

Mahasiswa ITERA Adakan Penyuluhan Pemberantasan Hama Pertanian

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekon Mataram, Kecamatan Gading Rejo, Kabupaten Pringsewu mengadakan Penyuluhan produktivitas lahan dan pemberantasan hama pertanian, kepada warga setempat, Kamis (16/1/2020).

Ketua Kelompok KKN Pekon Mataram, Helmud L. Panggabean menyebut, selama ini, hama seperti tikus, wereng, penggerek batang dan ulat menjadi masalah bagi sebagian besar petani di Pekon Mataram. Hama tersebut kerap membuat petani merugi, karena gagal panen. Untuk itu, mahasiswa KKN ITERA bekerjasama dengan Tim Pengendali Organisme Pengganggu Tanaman (POPT) Provinsi Lampung mengadakan Penyuluhan produktivitas Lahan dan Pemberantasan Hama.

Perangkat Pekon Mataram, Mustofa mengungkapkan selama ini,   pertanian di Pekon Mataram hanya mengandalkan air tadah hujan, tapi tidak menutup kemungkinan  jika Pekon Mataram menjadi sentral pertanian di Kabupaten Pringsewu. Penyuluhan yang diberikan mahasiswa KKN ITERA dengan POPT diharapkan semakin mengedukasi para petani setempat.

Dalam penyuluhan yang dihadiri oleh para anggota kelompok tani dan warga dari tujuh dusun di Pekon Mataram, peserta antusias bertanya mengenai penanganan hama. Dalam penyuluhan disampaikan terpadu pengendalian hama tanaman yaitu dengan budidaya tanaman sehat, aktif melakukan pengamatan dengan melaporkan ke POPT jika ada kendala, diumur 21, 45, 65 hari pasca-tanam. Selain itu, jika petani mengalami puso atau gagal panen alami yang disebabkan oleh kodok, tomcat, laba-laba, dan lainnya petani diharapkan tidak melakukan penyemprotan secara sembarangan. Penyemprotan harus dilakukan secara tepat waktu, tepat dosis, tepat racun, hingga tepat cara. [Humas]

Close Menu