Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Jadi Pendatang Baru UI GreenMetric ITERA Peringkat 24 Nasional Kampus Hijau

Jadi Pendatang Baru UI GreenMetric ITERA Peringkat 24 Nasional Kampus Hijau

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menjadi kampus pendatang baru yang diperhitungkan dalam UI GreenMetric World Rankings 2019. ITERA berada di ranking ke-24 nasional sebagai kampus hijau versi UI GreenMetric, dari 72 perguruan tinggi di Indonesia yang berpartisipasi.

UI GreenMetric merupakan pemeringkatan yang diberikan Universitas Indonesia (UI) pada perguruan tinggi yang berkomitmen terhadap pengelolaan lingkungan hidup di kampus dengan beragam indikator yang ditetapkan, seperti rasio dan jumlah lahan hijau di lingkungan kampus, penggunaan energi secara efisien dan pemanfaatan energi terbarukan, pengolahan air, pengolahan sampah,hingga penyediaan transportasi massal di kampus. Tahun ini, ada 780 perguruan tinggi dari 85 negara yang ikut berpartisipasi. Sementara, di Indonesia terdapat 72 perguruan tinggi yang ikut dalam pemeringkatan.

Peringkat 10 besar nasional kampus hijau versi UI GreenMatric, tahun ini, masih ditempati oleh jajaran kampus besar nasional, seperi Universitas Indonesia di peringkat pertama, disusul IPB University, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Institut teknologi sepuluh Nopember, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Sebelas Maret.

Pengumuman peringkat UI GreenMetric 2019, dilakukan pada hari Selasa (3/12) di kampus UI Depok dan disaksikan oleh Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset Inovasi Nasional RI Dr. Muhammad Dimyati, Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Ir. Laksmi Wijayanti, M.CP, serta Ketua UI GreenMetric Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM. Pengumuman pemeringkatan juga disiarkan secara langsung secara streaming yang disaksikan oleh Perguruan Tinggi di luar Indonesia.

Adanya pemeringkatan UI GreenMetric dinilai semakin mendorong generasi muda lebih peduli dan sadar akan kemanfaatan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan.

Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, dalam sambutannya menyatakan bahwa tidak penting siapa juara satu dan dua dalam pemeringkatan UI GreenMetric, akan tetapi yang lebih penting adalah nama Indonesia muncul dimana-mana, karena UI GreenMetric telah menjadi icon Indonesia.

Sementara Deputi Riset dan Pengembangan Kemenristek Dr. Muhammad Dimyati, menilai peran perguruan tinggi sangat signifikan dalam kemajuan IPTEK dan peradaban bangsa, termasuk pembangunan berkelanjutan. Adanya pemeringkatan UI GreenMetric dinilai semakin mendorong generasi muda lebih peduli dan sadar akan kemanfaatan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. [Humas]

Close Menu