ITERA Targetkan Terima 1.200 Mahasiswa

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS–Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bersiap menjaring mahasiswa baru. Tahun ini, ITERA menargetkan akan menerima sebanyak 1.200 mahasiswa melalui tiga jalur penerimaan yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri.

Rektor ITERA Ofyar Z. Tamin menjelaskan saat ini jumlah mahasiswa ITERA mencapai 543 mahasiswa yang tersebar di tujuh program studi, yakni Fisika, Teknik Geofisika, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Geomatika, dan Perencanaan Wilayah Kota.

Selain program studi tersebut, tahun ini calon mahasiswa juga bisa memilih program studi baru yakni Teknik Arsitektur. Tak hanya itu, ITERA juga masih memproses sembilan program studi lainnya agar bisa dipilih mahasiswa pada SBMPTN. “Kesembilan program studi tersebut yakni Matematika, Biologi, Kimia, Farmasi, Teknik Geologi, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Industri, dan Teknik Lingkungan,” kata Rektor didampingi Wakil Rektor ITERA bidang Akademik Mitra Djamal di Kampus ITERA, Jalan Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan, Selasa (26/1).

Khusus untuk penerimaan mahasiswa melalui jalur SNMPTN, Rektor mengimbau agar seluruh sekolah segera mengisi Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS) ke server pusat SNMPTN di laman https://pdss.snmptn.ac.id/ untuk kemudian diverifikasi oleh siswa. Pengisian dan verifikasi PDSS bisa dilakukan pada 18 Januari–20 Februari 2016. Sementara pendaftaran SNMPTN baru bisa dilakukan pada 29 Februari–12 Maret 2016.

Rektor menambahkan Panitia SNMPTN akan menerapkan sistem pemeringkatan berdasarkan akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A bisa mendaftarkan 75 persen siswa terbaiknya, sekolah dengan akreditasi B sebanyak 50 persen siswa terbaiknya, sedangkan sekolah dengan akreditasi C hanya mendaftarkan sebanyak 20 persen siswa terbaiknya, dan yang berakreditasi lainnya diberikan porsi 10 persen.

“Nilai rapor yang didaftarkan merupakan nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5 bagi SMA/MA dan SMK dengan masa belajar 3 tahun, atau semester 1 sampai semester 7 bagi SMK dengan masa belajar 4 tahun.”

Sementara itu, di ITERA juga tersedia fasilitas beasiswa bagi calon mahasiswa yang diterima. Di antaranya Bidik Misi, Supersemar, dan dari pemerintah provinsi atau kabupaten/kota yang sudah bekerja sama dengan ITERA. Hingga saat ini, ITERA telah menjalin kerja sama dengan tiga kabupaten/kota yakni Lampung Tengah, Metro, dan Pesisir Barat. Dalam waktu dekat, ITERA juga akan meresmikan kerja sama dengan Pemkot Bandar lampung, Tanggamus, dan Lampung Selatan. “Kerja sama dengan provinsi lain dan kabupaten/kota lainnya sedang dalam proses. Semoga bisa cepat selesai agar semakin banyak putra daerah yang berkuliah di sini, sehingga saat telah lulus nanti mereka bisa turut serta membangun daerah,” tutup rektor.

Tinggalkan Balasan