ITERA NEWS. Tim dosen Institut Teknologi Sumatera (ITERA) berkolaborasi dengan dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan, memberikan pelatihan tentang digital marketing kepada karyawan kedai kopi Warkop Waw, Tanjungsenang, Bandar Lampung, Minggu, 24 Januari 2021. Pelatihan bertajuk Digital marketing serta edukasi kepada karyawan Warkop Waw di era pandemi, tersebut mengupas beberapa lingkup pemasaran digital, mulai dari pentinya pemasaran digital, tips dan trik, cara membuat poster dan video, hingga membuat copy writing untuk meningkatkan rating di mesin pencarian media sosial.
Empat dosen ITERA yang menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut yaitu Zunanik Mufidah,S.T.P., M.Si., Rudi Setiawan, S.T., M.T., Sabar, S.Pd., M.Si dan La Ode Arham, S.Pd., M.T. Sementara satu dosen UIN Raden Intan Lampung yaitu Willia Novi Aryani, M.A.
Zunanik Mufidah,S.T.P., M.Si., salah satu dosen menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ITERA. Sehubungan masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, maka pelatihan diselenggarakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan soft skill karyawan Warkop Waw dalam memahami target pasar menggunakan media sosial dan dapat memanfaatkan aplikasi sederhana dalam membuat postingan yang lebih menarik didukung dengan kemampuan dalam membuat caption yang menarik agar dapat menarik minat konsumen,” ujar Zunanik.
“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan soft skill karyawan Warkop Waw dalam memahami target pasar menggunakan media sosial dan dapat memanfaatkan aplikasi sederhana dalam membuat postingan yang lebih menarik didukung dengan kemampuan dalam membuat caption yang menarik agar dapat menarik minat konsumen.”
Pelatihan yang diikuti para karyawan Kedai Kopi Warkop Waw tersebut dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama pemateri Zunanik Mufidah menyampaikan tentang pentingnya digital marketing. Zunanik menekankan, sebagai seorang pembisnis, seseorang harus mampu mengenali keunggulan produk untuk menentukan target pasar. Seperti keunggulan yang dimiliki oleh produk Kopi Warkop Waw adalah kopi kesehatan.
Tips Marketing
Sementara pemateri kedua yaitu Wellia menyampaikan tips dan trik marketing dalam sebuat usaha. Hal utama yang menurut Wellia penting adalah membangun kejujuran dan kepercayaan kepada konsumen untuk memiliki konsumen yang loyal. Melalui materi tersebut, diharapkan karyawan Warkop Waw mampu memahami gambaran umum terkait pentingnya digital marketing dan penjaringan target pasar yang yang lebih luas.
Pada sesi kedua, peserta diajak belajar mengelolah media sosial yang disampaikan oleh Rudi Setiawan. Rudi menyebut, media sosial saat ini sangat penting bagi pengelolah usaha. Pentingnya desain dan pemilihan warna desain dalam postingan di media sosial disebut mampu meningkatkan ketertarikan followers sebagai target pasar. Dalam sesi ini juga peserta belajar bagaimana membuat postingan yang menarik dengan menggunakan beberapa aplikasi digital.
Di akhir sesi, peserta memperoleh pemateri pentingnya copy writing yang disampaikan La Ode Arham dan cara memanfaatkan search engine optimization (SEO) untuk membuat video produk agar dapat muncul dikolom teratas pencarian oleh Sabar.
Owner kedai kopi Warkop Waw, Ismail Komar, S.H. M.M., menyambut baik kegiatan pelatihan yang diadakan oleh para dosen ITERA. Komar berharap ke depan akan dapat terus menjalin kerja sama yang baik dengan ITERA, sehingga dapat meningkatkan kompetensi karyawan. (Humas)