Mahasiswa Fisika ITERA Raih Juara II di Ajang National Science Innovation Expo

Mahasiswa Fisika ITERA Raih Juara II di Ajang National Science Innovation Expo

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Tim mahasiswa Program Studi (Prodi) Fisika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang terdiri dari Ali Komarudin dan Abdul Karim (angkatan 2016), serta Mia Lestari (angkatan 2018) berhasil meraih Juara II dalam ajang National Science Innovation Expo (NSIE) 2019 yang diadakan di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, 22-24 November 2019.

Mereka yang tergabung dalam Tim Rigil berhasil memaparkan hasil inovasinya dengan judul Tangga Pembangkit Elektrik (TAPE) sebagai alternatif energi terbarukan, dalam ajang yang diikuti tim dari berbagai perguruan tinggi nasional tersebut. Dalam inovasi tersebut, ke tiga mahasiswa Fisika ITERA memanfaatkan bahan-bahan sederhana yang dapat menghasilkan sumber listrik tenaga tekanan yang berasal dari injakan kaki yang diaplikasikan di tangga. Selain di tangga, inovasi tersebut juga dapat diterapkan di trotoar ataupun di jalan raya.

Atas capaian prestasi tersebut, perwakilan Tim Rigil ITERA Ali Komarudin menyampaikan rasa bangga karena dapat bersaing dan meraih prestasi dalam ajang yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas ternama seperti UGM, UNS, UNNES, UIN Sunan Gunung Djati, dan UMM.

Mereka juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Dosen Pembimbing yaitu Dr. Abdul Rajak dan Mahardika Yoga Darmawan, M.Sc yang telah membimbing mereka sampai ke tahap akhir dan seluruh sivitas akademika Fisika ITERA yang telah memberikan dukungan dengan menyaksikan langsung mereka berlomba di Bandung.

Tim Rigil juga berharap prestasi yang diperoleh dapat memotivasi seluruh mahasiswa ITERA untuk terus mengembangkan ilmu dan inovasi-inovasi lain dalam berbagai bidang dan dapat mengharumkan almamater. [Humas]