Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Webinar Prodi Arsitektur Lanskap Bahas Kiat Menjadi Arsitek Profesional Sejak Dini

Webinar Prodi Arsitektur Lanskap Bahas Kiat Menjadi Arsitek Profesional Sejak Dini

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Program Studi (Prodi) Arsitektur Lanskap Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan web seminar (webinar) bertajuk Merintis profesi arsitek lanskap sejak dini, Jumat (7/5/2020). Webinar pertama yang diadakan Prodi Arsitektur Lanskap, di tengah pandemi Covid-19 ini, sekaligus menjadi sarana silahturahmi antar Prodi Arsitektur Lanskap beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Kegiatan tersebut mengundang dua pemateri yaitu seorang arsitek lanskap profesional yang juga salah satu founder Podcast Obroland Muhammad Amin Shodiq, SP., M.Si. dan Rizky Rahadian Ramdhany, SP. IALI yang merupakan CEO/Co Founder RIRE Landscape. Kedua pembicara tersebut memiliki riwayat pendidikan arsitektur lanskap dan semenjak lulus kuliah hingga sekarang berkarier di bidang arsitektur lanskap.

Selain dihadiri oleh mahasiswa Prodi Arsitektur Lanskap dan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITERA, webinar tersebut juga diikuti oleh mahasiswa Arsitektur Lanskap dan Arsitektur dari berbagai perguruan tinggi seperti IPB, ITB, Udayana Bali, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, Universitas Pembangunan Pancabudi, serta para anggota IALI PD Lampung dan para praktisi arsitek lanskap muda.

Dalam kesempatan tersebut pembicara pertama Muhammad Amin Shodiq membahas seputar bidang pekerjaan arsitektur lanskap dan skill yang dibutuhkan dalam setiap pekerjaan arsitektur lanskap. Bidang pekerjaan arsitektur lanskap yang dikupas oleh M.Amin mulai dari landscape planning and design, landscape construction, landscape maintenance serta supproting business di bidang arsitektur lanskap.

“Sukses dapat dimulai kapan saja bahkan dimulai dari sekarang, kunci nya adalah percaya pada diri sendiri, karena musuh utama kesuksesan adalah diri kita sendiri, selalu bertindak untuk hari esok tapi berpikir untuk jangka panjang.”

M.Amin juga menyampaikan skill yang dibutuhkan dalam menghadapi persaingan di dunia pekerjaan arsitektur lanskap yaitu dengan memperdalam kemampuan di bidang arsitektur lanskap dan memperluas wawasan serta aktif melakukan sharing dengan arsitek berpengalaman.

Percaya Diri

Pembicara kedua yaitu Rizky Rahadian Ramdhany memaparkan mengenai konsultan Rire Landscape yang saat ini dipimpinnya. Kepada seluruh peserta webinar, Rizky membagikan kunci sukses yang selama ini ia terapkan. “Sukses dapat dimulai kapan saja bahkan dimulai dari sekarang, kunci nya adalah percaya pada diri sendiri, karena musuh utama kesuksesan adalah diri kita sendiri, selalu bertindak untuk hari esok tapi berpikir untuk jangka panjang,” ujar Rizky.

Sementara cara nyata yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang profesional arsitek lanskap semenjak dini adalah mempersiapkan portofolio sejak kuliah, seperti mengikuti kompetisi, magang, hingga keikutsertaan dalam proyek. [Humas]

Close Menu