UPT Bahasa ITERA dan Google Bekali Mahasiswa Kemampuan Literasi Digital

UPT Bahasa ITERA dan Google Bekali Mahasiswa Kemampuan Literasi Digital

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bersama Google Indonesia memeringati Hari Literasi Dunia dengan menyelenggarakan Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Berbasis Digital (Gapura Digital), Sabtu (21/09/2019) di Aula Gedung Kuliah Umum, kampus setempat. Kegiatan yang diisi seminar bertema Creative Writing for Digital Marketing tersebut diikuti oleh 200 peserta mahasiswa ITERA dari berbagai program studi. Peserta mendapatkan materi seputar literasi digital dari perwakilan program Gapura Digital Google Indonesia, Beni Pamungkas dan Alvein Damar.

Kepala UPT Bahasa ITERA, Dr. Sunarsih, menjelaskan kegiatan Gapura Digital merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Literasi Internasional yang mengangkat tema literasi digital. Literasi digital dinilai penting untuk mengoptimalkan potensi wirausaha di kalangan mahasiswa di era Revolusi Industri 4.0, saat ini. “Dengan pemahaman literasi digital, mahasiswa diharapkan dapat membranding diri dan bisnisnya secara etis dan memahami persoalan yang berkaitan dengan hak cipta. Sehingga dapat tetap kreatif dan produktif tanpa melanggar hak cipta,” kata Dr.Sunarsih.

“Content marketing merupakan strategi pemasaran tempat pelaku bisnis merencanakan, membuat, serta mendistribusikan konten yang dapat menarik audiens secara tepat sasaran.”

Alvein Damar, fasilitator Gapura Digital,  dalam pemaparannya menyampaikan bahwa media sosial dengan content marketing merupakan alat bantu yang efektif untuk memperkenalkan bisnis yang dimiliki seseorang, termasuk mahasiswa. Dengan adanya content marketing, pelaku bisnis dapat memperoleh pelanggan potensial yang sesuai, membangun hubungan dengan pelanggan lama, serta dapat membuat orang lain mengenal merek usaha yang dimiliki seseorang.
“Jadi, content marketing merupakan strategi pemasaran tempat pelaku bisnis merencanakan, membuat, serta mendistribusikan konten yang dapat menarik audiens secara tepat sasaran sehingga dapat membuat mereka menjadi konsumen Anda,” kata Alvein.
Alvein melanjutkan jenis dan bentuk konten marketing, yakni foto di media sosial, artikel di blog, infografis, dan video.

14 Kota di Indonesia

Sementara perwakilan program Gapura Digital Beni Pamungkas, menyebut program Gapura Digital yang diinisiasi oleh Google selain diadakan di ITERA juga diselenggarakan di 14 kota di Indonesia, antara lain Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Denpasar.
“Kegiatan kali ini yang dipersembahkan UPT Bahasa ITERA membahas creative writing. Melalui konten kreatif yang dibuat akan bermanfaat untuk banyak hal, seperti personal branding dan membranding bisnis yang dimiliki,” kata Beni. [Humas]