Peserta SSDN Lemhanas Kunjungi ITERA

Peserta SSDN Lemhanas Kunjungi ITERA

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS–Sebanyak 26 peserta¬† Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) Program Pendirian Reguler Angkatan (PPRA) LV Lemhanas Tahun 2016 berkunjung ke Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Kamis (25/8/2016). Rombongan disambut Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr.-Ing. Mitra Djamal beserta jajaran pimpinan ITERA lainnya.
Dalam sambutannya, Ketua Rombongan SSDN Lemhanas Mayor Jenderal TNI Nukman Kosadi menjelaskan kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan peserta guna mendapat gambaran objektif terhadap pembangunan di daerah, baik tentang ekonomi, pemerintahan, hukum, sosial, pendidikan, dan lainnya. “Hasil kunjungan kami ini nantinya akan kami sampaikan sebagai masukan kepada pemerintah,” jelas Nukman.
Dia menambahkan salah satu konsentrasi dalam SSDN kali ini adalah tentang energi. Pihak perguruan tinggi, ujar dia, hendaknya memberikan kontribusi dengan membantu pemerintah untuk mewujudkan kemandirian energi.
Menjawab hal ini, Wakil Rektor menjelaskan ITERA memang telah berkomitmen untuk mewujudkan kemandirian energi di lingkungan ITERA terlebih dahulu untuk kemudian turut pula berpartisipasi dalam membantu Provinsi Lampung bisa bebas dari defisit listrik.
“Dengan pembangunan yang terus kami lakukan, tentu saja kami butuh daya listrik yang sangat besar. Namun sekarang kan listrik PLN masih sering padam. Makanya kami sedang siapkan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan memanfaatkan terikanya sinar matahari,” jelasnya.
Selain itu, kata Mitra, ITERA juga sedang merintis kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus untuk merealisasikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). “Bahkan ke depannya kami akan berupaya mengolah sampah menjadi energi listrik. Semua akan kami upayakan agar ITERA bisa mewujudkan kemandirian energi,” tegasnya.
Selain memaparkan program kemandirian energi, Wakil Rektor juga menjelaskan profil ITERA saat ini dan rencana pembangunan ITERA ke depannya. “Kami berharap ada yang bisa dikerjasamakan antara ITERA dengan Lemhanas demi mempercepat pembangunan ITERA ke depannya dan tentunya agar sumber daya manusia di ITERA baik dosen maupun pejabat bisa lebih berkompeten,” jelas Mitra.

Tinggalkan Balasan