Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Pertama di Indonesia ITERA Buka Pendaftaran Prodi S1 Teknik Perkeretaapian
A shot of an electric train in a railway

Pertama di Indonesia ITERA Buka Pendaftaran Prodi S1 Teknik Perkeretaapian

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Institut Teknologi Sumatera (ITERA) resmi membuka pendaftaran mahasiswa baru program studi (Prodi) sarjana (S1) Teknik Perkeretaapian (Railway Engineering). Pendaftaran dilakukan melalui jalur seleksi mandiri khusus yang dibuka mulai 20 Juli – 22 Agustus 2020 dengan kuota sebanyak 50 mahasiswa.

Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D., menyampaikan Prodi S1 Teknik Perkeretaapian ITERA merupakan yang pertama di Indonesia yang akan menyiapkan sarjana teknik perkeretaapian dengan merujuk pada pendidikan teknik perkeretaapian modern. Prodi ini diajukan ITERA ke Ditjen Dikti, sejak 2019 akhirnya mendapatkan izin untuk menerima mahasiswa baru angkatan pertama. Akan tetapi, karena izin dari pusat keluar setelah pelaksanaan seleksi jalur reguler (SNMPTN dan SBMPTN), maka ITERA membuka penerimaan melalui jalur seleksi mandiri khusus. “Kami bersyukur karena Prodi S1 Teknik Perkeretaapian sudah mendapatkan izin, sehingga kami sudah bisa mulai membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri khusus dengan kuota 50 mahasiswa,” ujar Rektor.

Rektor menambahkan, pembukaan Prodi S1 Teknik Perkeretaapian adalah jawaban atas kebutuhan tenaga teknik kereta api di Sumatera dan Indonesia. Apalagi pemerintah saat ini tengah mengembangkan program pembangunan jalur kereta api Sumatera atau Trans Sumatra Railway. Nantinya lulusan prodi ini diharapkan dapat memenuhi sumber daya ahli yang dibutuhkan Sumatera dan Indonesia.

“Nantinya Prodi S1 Teknik Perkeretaapian ITERA akan menghasilkan sarjana yang tidak hanya menguasai teknik kereta api saja tetapi mampu mengembangkan dan mengoperasikan bisnis kereta api, melakukan perancangan jalan kereta api dan memeliharanya, menentukan koridor dan tarif hingga hal lainnya terkait manajemen teknis perkeretaapian itu sendiri,” ujar Rektor.

“Nantinya Prodi S1 Teknik Perkeretaapian ITERA akan menghasilkan sarjana yang tidak hanya menguasai teknik kereta api saja tetapi mampu mengembangkan dan mengoperasikan bisnis kereta api, melakukan perancangan jalan kereta api dan memeliharanya, menentukan koridor dan tarif hingga hal lainnya terkait manajemen teknis perkeretaapian itu sendiri.”

Terkait dosen pengajar, Rektor memastikan ITERA telah menyiapkan seluruh dosen baik yang merupakan dosen ITERA ataupun dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) yang akan membantu sebagai tenaga pengajar. Selain itu, ada beberapa tenaga pengajar dari kalangan profesional di bidang kereta api yang juga akan mendukung prodi tersebut, seperti dari PT KAI, serta pelaku industri kereta api nasional diantaranya PT Len, dan PT INKAI.

Mata Kuliah Unggulan

Dalam perkuliahan nanti, mahasiswa akan mendapatkan beberapa mata kuliah yang sesuai kebutuhan dunia perkeretaapian modern. Beberapa mata kuliah unggulannya diantaranya Industri Perkeretaapian (mengkaji operator perkeretaapian, proses manufaktur kereta api, konstruksi dan pembangunan perkeretaapian serta industri dan peralatan perkeretaapian), komputer dalam perkeretaapian (Internet of things & big data, perangkat lunak/software perkeretaapian), sistem perkeretaapian modern (kereta api ringan dan kereta api perkotaan, kereta api kecepatan tinggi, kereta api masa depan).

Dalam seleksi mandiri khusus, siswa yang dapat mendaftar prodi S1 Teknik Perkeretaapian ITERA adalah lulusan SMA/sederajat jurusan IPA dan lulusan SMK dengan keahlian teknologi konstruksi dan properti, teknik geomatika dan geospasial, teknik ketenagalistrikan, teknik mesin, teknik industri, teknik otomotif, teknik elektronika, dan teknik komputer dan informatika.

Pendaftaran dibuka mulai 20 Juli – 22 Agustus 2020, dan selanjutnya akan dilaksanakan seleksi melalui nilai rapor dan proses wawancara pada 24 – 27 Agustus 2020. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Agustus 2020. Untuk informasi dan pendaftaran Prodi S1 Teknik Perkeretaapian ITERA selengkapnya dapat diakses melalui website usm.itera ac.id. [Humas]

Close Menu