Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Mahasiswa KKN ITERA Buat Program Digitalisasi Profil Kelurahan

Mahasiswa KKN ITERA Buat Program Digitalisasi Profil Kelurahan

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Mahasiswa program studi Teknik Informatika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Latisya yang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Daring di Kelurahan Pasir Gintung, Bandar Lampung membuat program digitalisasi profil kelurahan. Latisya menyebut, tidak dipungkiri di era globalisasi seperti sekarang ini teknologi menjadi suatu yang kebutuhan baru yang tidak dapat ditinggalkan dalam kehidupan sehari hari. Perubahan yang signifikan pada bidang teknologi, menyebabkan perubahan pada bidang lain, seperti ekonomi, sosial, dan politik.

Di era digital, semua dapat diakses dengan mudah, untuk memenuhi kebutuhan seperti berbelanja tidak lagi mengharuskan kita pergi ke tempat untuk melakukan transaksi. Namun sayangnya perubahan seperti ini belum diaplikasikan dalam kegiatan pemerintahan di Kelurahan Pasir Gintung. Di kelurahan setempat masih menggunakan cara konvensional yaitu pelayanan secara tatap muka. Untuk itu, mahasiswa KKN Daring ITERA kelompok 6 melakukan program sosialisasi pengembangan pelayanan secara daring berbasis website.

Program digitalisasi profil kantor kelurahan dilakukan dengan membuat website Kantor Kelurahan. Dalam website tersebut dilampirkan informasi-informasi kelurahan yang diperlukan mulai dari sejarah singkat, struktur pengurusan, hingga informasi tentang persyaratan kepengurusan surat menyurat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Dengan adanya sarana digital ini, kelurahan setempat akan lebih mudah melakukan komunikasi untuk penyampaian informasi, sehingga ke depannya bila ada pihak-pihak yang memerlukan data tersebut dapat mengakses langsung kapan saja dan dimana saja melalui platform website maupun mobile. [ Dok. Mahasiswa KKN ITERA]

Close Menu