Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Kembangkan Pembelajaran Daring, ITERA Gandeng UT

Kembangkan Pembelajaran Daring, ITERA Gandeng UT

Print Friendly, PDF & Email

Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengunjungi kantor Universitas Terbuka (UT) Pusat di Tangerang Selatan, 19 Februari 2018. Kunjungan ini dilakukan sendiri oleh Rektor ITERA Prof., Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc (Eng)., Ph.D didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik ITERA Prof. Dr.-Ing. Mitra Djamal dan Koordinator Program Studi Kimia ITERA Drs. Muhamad Abdulkadir Martoprawiro, M.Sc., Ph.D. Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. beserta jajarannya menyambut para pejabat ITERA tersebut di Ruang Rapat Rektor.

Kedatangan Rektor ITERA dan jajarannya ke UT kali ini bukan tanpa sebab. Hal ini terkait dengan wacana cyber university yang mulai digalakkan di Indonesia, di mana beberapa perguruan tinggi diharapkan mulai menerapkan sistem ini. ITERA yang merupakan satu-satunya institut teknologi negeri di Sumatera akan mulai mengembangkan sistem ini sebagai usaha memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi di Sumatera. Oleh karenanya, selain mengetahui bagaimana pembelajaran daring diterapkan, tujuan kunjungan ini adalah untuk melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara ITERA dan UT. Ke depan, kerja sama antara kedua belah pihak akan dilakukan dalam bidang pengembangan dan penerapan pembelajaran daring.

Rektor UT menyambut baik langkah awal kerja sama ini. Menurutnya, pendidikan ke depan memang tak akan lepas dari TIK, terlebih lagi di era revolusi industri 4.0 ini. Selain itu, UT juga mendapat mandat dari pemerintah untuk berkolaborasi dengan institusi maupun perguruan tinggi tatap muka yang akan menerapkan sistem pembelajaran daring. UT diminta untuk membantu menyediakan fasilitas pendukung pembelajaran daring bagi perguruan tinggi tersebut.

Sejalan dengannya, Rektor ITERA merasa kerja sama ini perlu segera direalisasikan. Walau baru didirikan tahun 2014, ITERA bertekad untuk bergerak cepat agar kebutuhan pendidikan di pulau Sumatera dapat dipenuhi. Kerja sama ini dirasa sebagai wujud dari usaha mencerdaskan kehidupan bangsa baik di perkotaan maupun di daerah 3T, yang merupakan kewajiban semua pihak tanpa kecuali.

Sumber : http://www.ut.ac.id/

Tinggalkan Balasan

Close Menu