Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Jalin Silaturahmi di Era New Normal ITERA Adakan Halal Bihalal Daring
Rektor dan jajaran pimpinan ITERA saat menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah dalam acara Halal Bihalal Sivitas Akademika ITERA yang diadakan secara dalam jaringan, Rabu (17/6/2020)

Jalin Silaturahmi di Era New Normal ITERA Adakan Halal Bihalal Daring

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan kegiatan halal bihalal sivitas akademika ITERA secara dalam jaringan (daring) yang ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube ITERA, Rabu (17/6/2020). Pelaksanaan halal bihalal daring ini, menjadi salah satu wujud silaturahmi antarsivitas akademika di era new normal yang telah diterapkan kampus ITERA bagi pegawai, sejak 8 Juni 2020.

Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., dalam sambutan menyampaikan halal bihalal yang dilakukan kali ini berbeda dari yang biasa dilakukan. Sebab antar sivitas akademika tidak bisa berada satu gedung, harus terpisah-pisah namun tetap dapat bersilaturahmi dengan memanfaatkan teknologi. Kegiatan halal bihalal diikuti oleh para sivitas akademika yang ada di sekitaran ITERA, di beberapa kota di Indonesia, dan luar negeri.

Selain menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri, kepada para dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, Rektor juga meminta seluruh sivitas akademika ITERA diminta menyesuaikan diri dengan tatanan normal baru (new normal) akibat pandemi Covid-19. Apalagi sejak 8 Juni 2020, ITERA sudah mulai menerapkan new normal, dengan kembali membuka Kampus bagi dosen dan tenaga kependidikan untuk berkegiatan. Sementara mahasiswa akan beraktivitas kembali pada Agustus mendatang dengan tatanan baru.

“Semoga Idul Fitri membawa kita kembali kepada fitrah, dan menjadi pribadi yang jauh lebih baik dalam melaksanakan amanah yang diberikan ITERA dan kita mampu beradaptasi dengan kenormalan yang baru dengan menjadi pribadi dengan kualitas hidup yang lebih sehat,” ujar Rektor.

“Semoga Idul Fitri membawa kita kembali kepada fitrah, dan menjadi pribadi yang jauh lebih baik dalam melaksanakan amanah yang diberikan ITERA dan kita mampu beradaptasi dengan kenormalan yang baru dengan menjadi pribadi dengan kualitas hidup yang lebih sehat.”

Sementara Dekan Fakultas Adab dan Budaya UIN Raden Intan Lampung, Dr. H. Mahmudin Bunyamin, L.C., M.A  yang menjadi pengisi tausiah menyampaikan kegiatan halal bihalal yang dilaksanakan ITERA di tengah pandemi Covid-19 merupakan cara baru untuk tetap menjaga silaturahmi. “Sebab barang siapa yang ingin Allah SWT panjangkan umurnya, Allah sehatkan badannya,luaskan rezekinya hendaknya orang-orang tersebut sering bersilaturahmi,” ujar Dr. Mahmudin.

Mahmudin juga menyampaikan pesan agar seluruh sivitas akademika ITERA tetap semangat menjaga silaturahmi meski dalam disituasi pandemi. Karena pandemi Covid-19 adalah ujian, yang pasti akan berlalu. “Kita harus yakin musibah ini pada suatu saat akan berakhir. Sebab semua yang ada dimuka bumi Allah tidak ada yang abadi, usia, jabatan, termasuk pandemi Covid-19 ini,” kata Mahmudin.

Kerja Sama ITERA dan BSM

Dalam kegiatan halal bihalal sivitas akademika ITERA juga diadakan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) antara ITERA dan PT Bank Syariah Mandiri (BSM). Penandatanganan PKS juga dilakukan dalam jaringan yang diwakili oleh Wakil Rektor ITERA bidang non-akademik Prof. Dr. Sukrasno, M.S., yang berada di Kota Bandung dan RCEO Region II Sumatera Bank Syariah Mandiri, Dedy Suryadi Dharmawan dari Palembang disaksikan para pimpinan ITERA dan Direktur Distribution  Service BSM Anton Sukarna yang bergabung dari Jakarta.

Poin-poin utama perjanjian kerja sama ITERA dengan BSM yang sekaligus merupakan hal baru bagi sivitas akademika ITERA adalah : (1) BSM sebagai mitra utama Operasional Prodi Sains Data ITERA, (2) program pesiun 2 milyar bagi  pegawai ITERA, (3) pengelolaan dana wakaf untuk pembangunan ITERA Islamic Sains Park, (4) pinjam pakai kendaraan operasional untuk rektor dan wakil rektor,(5) dukungan fasiltas dana untuk perumahan kluster ITERA dan aparkost, (6)beasiswa BSM untuk mahasiswa ITERA, (7) dukungan Fasilitasi Kegiatan di daerah se Sumatera atas Program ITERA for Sumatera.

Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D. menyampaikan kerja sama antara ITERA dan PT BSM diharapkan dapat membantu ITERA dalam melakukan percepatan pembangunan baik dalam bidang akademik maupun non akademik, serta dapat memberikan manfaat bagi ke dua belah pihak.

“Kerja sama antara ITERA dan BSM diharapkan dapat membantu ITERA dalam melakukan percepatan pembangunan baik dalam bidang akademik maupun non akademik, serta dapat memberikan manfaat bagi ke dua belah pihak.”

Sementara Direktur Distribution  Service BSM, Anton Sukarna yang bergabung dari Jakarta, menyampaikan terima kasih karena ITERA sudah mempercayakan kerja sama terkait fasilitas layanan perbankan syariah dengan BSM. Anton juga mengenalkan BSM yang telah berdiri 1999 yang merupakan anak perusahaan Bank Mandiri. Selain itu, ia juga menyebut BSM melakukan oprasional perbankan secara syariat Islam, sehingga mudah-mudahan dapat diterima dan menentramkan oleh para nasabah. [Humas]

Close Menu