Dosen DKV ITERA Latih Pelaku UMKM Lampung Branding Produk

Dosen DKV ITERA Latih Pelaku UMKM Lampung Branding Produk

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Dua dosen Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visaual Institut Teknologi Sumatera (ITERA) PG Wisnu Wijaya S.Sn., M.Sn dan Candra Prayogi S.Ds., M.Ds menjadi narasumber tentang local brand dan foto produk dalam Ekshibisi UMKM Bangkit Merdeka yang digagas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bersama Indonesia Ctreative City Network (ICCN), Minggu (11/10/2020) di Wood Stairs Cafe, Bandar Lampung. Branding produk atau membangun merek dagang dengan sentuhan kreativitas dinilai mampu menjadi stimulan dalam memajukan UMKM yang ada di Provinsi Lampung.

Dosen DKV ITERA PG Wisnu Wijaya S.Sn., M.Sn yang juga Koordinator Wilayah ICCN Lampung menyampaikan, melalui talk show yang menjadi rangkaian ekshibisi UMKM tersebut, diharapkan para pelaku UMKM Lampung mampu membangun branding sebagai ikonisasi untuk mencitrakan produk khas Lampung. Selain itu, setiap pelaku UMKM juga mampu mandiri dan mengetahui teknik atau cara membuat foto produknya lebih menarik agar tampilan produk semakin diganderungi dan dapat meyakinkan konsumen.

“Kami harap pelaku UMKM di Lampung semakin memahami literasi visual yang ada di daerahnya masing-masing sehingga muncul beragam karya yang memiliki identitas yang kuat sebagai ikon dari setiap produk daerah di Lampung,” ujar PG. Wisnu.

“Kami harap pelaku UMKM di Lampung semakin memahami literasi visual yang ada di daerahnya masing-masing sehingga muncul beragam karya yang memiliki identitas yang kuat sebagai ikon dari setiap produk daerah di Lampung.”

Dalam ekshibisi UMKM bertajuk Sakai Sambayan yang dibuka oleh Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Victoria Simanungkalit tersebut sebanyak 20 UKM kenamaan Lampung ikut memamerkan aneka produk. Rata-rata produk lokal yang mereka pamerkan telah mendapatkan tempat, baik oleh konsumen lokal, nasional bahkan mancanegara. Selain memberikan pameran produk UKM lokal yang telah mampu bersaing, kegiatan tersebut juga diisi dengan talkshow dari para akademisi, dan pelaku UMKM khususnya di Lampung.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat potensi, keunikan dan pelaku UMKM agar mampu bangkit menghadapi era kenormalan baru dan bagian dari rangkaian UKM Award 2020 untuk mendorong pertumbuhan jumlah UMKM lokal,” terang Victoria, pada media publikasi kegiatan.

Selama kegiatan tersebut, baik penyelenggara, pelaku pameran hingga pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. [Humas]