Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Berkunjung ke ITERA, Gebu Minang Diminta Ikut Bina Mahasiswa Asal Sumbar

Berkunjung ke ITERA, Gebu Minang Diminta Ikut Bina Mahasiswa Asal Sumbar

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Jajaran pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) Provinsi Lampung, bersilaturahmi dengan Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof.,Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc (Eng)., Ph.D, di kampus ITERA, Kamis (11/4/2019). Dalam kesempatan tersebut dibahas seputar peran Gebu Minang dalam pendampingan dan pembinaan mahasiwa asal Sumatera Barat yang berkuliah di ITERA dan upaya pelestarian kebudayaan Minang di Bumi Ruwa Jurai.

Ketua DPW Gebu Minang Lampung, Ir. Rudy Chandra Satya menuturkan, kunjungan tersebut merupakan upaya untuk terus menjalin silaturahmi antara pengurus baru DPW Gebu Minang Lampung dengan Rektor ITERA. Lewat silaturahmi yang berjalan, Rudy berharap Rektor ITERA juga bisa memberikan masukan-masukan yang membangun organisasi Gebu Minang Lampung serta terjalin kerja sama antara ITERA dan Gebu Minang dalam mendukung proses perkuliahan mahasiswa asal Sumatera Barat di ITERA.

Rektor ITERA Prof.,Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc (Eng)., Ph.D, menyambut hangat silaturahmi jajaran pengurus DPW Gebu Minang Lampung. Rektor menyebut, sebagai perhimpunan warga asal Sumatera Barat yang ada di Lampung, Gebu Minang memiliki tanggungjawab untuk ikut berperan membina mahasiswa asal Sumatera Barat di ITERA. Apa lagi, mahasiswa asal Sumatera Barat merupakan mahasiwa terbanyak ke tiga yang berkuliah di ITERA setelah Lampung dan Sumatera Utara.

“Kami sangat senang dengan kehadiran para pengurus Gebu Minang, dan berharap bisa bersinergi dengan ITERA, dan membantu mahasiswa asal Minang yang menuntut ilmu di ITERA. Kami juga berharap tidak ada mahasiswa drop out apa lagi karena biaya, sehingga perlu digalakan program orang tua asuh, dan para anggota Gebu Minang dapat menjadi orang tua asuh, untuk mahasiswa Minang di ITERA,”ujar Rektor.

Selain itu, Rektor menilai keberadaan organisasi Gebu Minang, harus memberikan dampak pada pelestarian kebudayaan minang, terutama di Lampung. Salah satunya dengan mendukung mahasiswa asal Sumatera Barat yang aktif di UKM Minang di kampus ITERA.  “Menjaga kebudayaan Minang adalah salah satu tugas Gebu Minang, apalagi di mahasiswa ITERA juga sudah ada himpunan mahasiswa Minang,” ujar Rektor. [Rudi]

Close Menu