3.497 Mahasiswa ITERA Terjun ke Masyarakat Melalui Program KKN di Tiga Kabupaten

3.497 Mahasiswa ITERA Terjun ke Masyarakat Melalui Program KKN di Tiga Kabupaten

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melaksanakan pelepasan 3.497 mahasiswa yang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode 10 secara simbolis di Pelataran Gedung Kuliah Umum (GKU) ITERA, Senin, 26 Desember 2022. Seluruh mahasiswa peserta KKN dari berbagai program studi tersebut akan mengabdi di 144 desa, di tiga kabupaten di Provinsi Lampung yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, dan Pesawaran.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITERA, Prof. Dr. Ir. Yahdi Zaim menyebut, program KKN Periode ke-10 merupakan program KKN dengan jumlah peserta terbanyak sepanjang sejarah KKN ITERA. Kepada peserta KKN ITERA, Prof. Yahdi mengharapkan kegiatan KKN yang di ikuti 3.497 mahasiswa tersebut dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat desa. Prof. Yahdi melanjutkan bahwa program KKN adalah ajang pertama bagi mahasiswa untuk terjun ke masyarakat dan berinteraksi langsung dengan masyarakat guna coba memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat.

“Program KKN adalah ajang pertama bagi mahasiswa untuk terjun ke masyarakat untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat” Ujar Prof. Yahdi

Pada kesempatan yang sama Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha menyampaikan bahwa program KKN merupakan salah satu skema pendidikan yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui program MBKM, yang menjadi sarana untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa, untuk mempelajari berbagai hal di lapangan, sebagai komponen soft skill yang dibutuhkan mahasiswa, dan alumni di tengah masyarakat di era volatility, uncertainty, complexity, ambiguity (VUCA). Berbagai fenomena di masa depan, yang perubahannya sangat cepat, menurut Rektor membuat mahasiswa perlu mempersiapkan diri, salah satunya dengan belajar langsung terjun ke masyarakat melalui program KKN.  Rektor menekankan bahwa program KKN yang diwajibkan diikuti mahasiswa, juga bisa menjadi perwujudan kepedulian ITERA serta peran mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan yang menjadi kendala dalam proses pengembangan di masyarakat.

“Mahasiswa merupakan garda pembangunan Indonesia emas, semoga kita bisa berkontribusi nyata di masyarakat melalui program KKN ini, sekaligus menjadi media pembelajaran mahasiswa berinteraksi dengan masyarakat,” ujar Rektor

Program KKN Periode 10 ITERA merupakan program KKN dengan jumlah peserta terbanyak dalam sejarah KKN yang dilaksanakan ITERA.  Dari total 3.497 mahasiswa yang mengikuti KKN nantinya akan disebar ke 114 Desa yakni di Kabupaten Lampung Selatan tersebar di 66 Desa di 6 Kecamatan. Sedangkan di Kabupaten Pesawaran, mahasiswa akan diterjunkan langusng di 4 kecamatan dan di 47 desa, sementara di Kabupaten Lampung Timur mahasiswa diterjunkan di 1 kecamatan  yang terfokus di 1 desa.

Pelepasan KKN Periode ke-10 turut dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, M.Sc., Kepala Biro Perencanaan, Umum, dan Akademik drh. Sri Sulistiawati, M.M., para ketua jurusan, dan dosen pembimbing lapangan. Secara simbolis, Rektor ITERA juga memasangkan topi kepada perwakilan peserta KKN periode ke-10 ITERA, sebelum akhirnya peserta dilepas dan berangkat ke desa. (Humas)