Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Rektor ITERA Paparkan Pengembangan Transportasi Modern di ICon-STAR 2019

Rektor ITERA Paparkan Pengembangan Transportasi Modern di ICon-STAR 2019

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M,Sc., Ph.D. menjadi salah satu pembicara utama dalam konfrensi ilmiah internasional 1st International Conference on Science, Technology and Agriculture Research (ICon-STAR) 2019 di Makasar, Sabtu (30/11/2019). Rektor ITERA menjadi pembicara bersama dengan narasumber pakar lain dari beberapa universitas dunia yakni Kyushu University, Jepang, Griffith University of Australia, Bonn University Of Germany dan Universiti Sains Malaysia.

Dalam kesempatan tersebut Rektor ITERA memaparkan kajian seputar trasit oriented development (TOD) dalam pembangunan infrastruktur bidang transportasi modern di kota-kota besar dunia. Rektor ITERA menyebut, pembangunan yang masif cenderung mengarah kepada pembangunan berorientasi Central Business District (CBD)yang membutuhkan alokasi ruang lebih seperti untuk kebutuhan parkir. Padahal dengan mengubah konsep perencaan yang berorientasi pada konsep TOD, pengembangan transportasi dilakukan dengan mengedepankan unsur high density untuk menggabungkan mixed use facility di dalam tempat terpadu misalnya residensial, business centre, hingga entertaniment centre di suatu kota.

ICon-STAR merupakan konfrensi ilmiah internasional yang digagas oleh Universitas Bosowa, Makasar dengan menggandeng ITERA, Universitas Hasanudin, dan Universitas Negeri Makasar sebagai mitra. Selain Rektor ITERA, hadir dalam agenda tersebut Wakil Rektor ITERA Bidang Akademik Prof. Dr.Ing. Mitra Djamal, Sataf Ahli Rektor ITERA Bidang Pengembangan Prof.Dr.Ir.Deny Juanda Puradimaja, DEA., Ketua Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Wilayah ITERA Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T., serta sejumlah dosen ITERA. Selain Rektor ITERA yang menjadi pembicara utama, para dosen ITERA  juga turut memaparkan hasil penelitiannya dalam plennary session konfensi yang diadakan di Four Point Hotel by Sheraton Makasar, hingga 1 Desember 2019. [Humas]

Close Menu