Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Peringati HUT Ke-74 RI, Rektor ITERA Sebut Perguruan Tinggi  Garda Terdepan Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

Peringati HUT Ke-74 RI, Rektor ITERA Sebut Perguruan Tinggi  Garda Terdepan Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia, Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menggelar upacara Peringatan HUT ke-74 RI di Lapangan kampus setempat, Sabtu (17/8/2019).

Dalam upacara yang diikuti seluruh sivitas akademika ITERA, Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., menyampaikan sambutan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., yang mendorong perguruan tinggi tampil menjadi garda terdepan dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul guna mendukung kemajuan Bangsa Indonesia di masa depan.

“Sumber daya manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0. Kita sadar bahwa kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur, akan tetapi harus didukung dengan peningkatan kualitas SDM,”ujar Rektor ITERA.

“Sumber daya manusia Indonesia harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global, terlebih ketika memasuki era industri 4.0.”

Rektor menyampaikan, sebagai langkah aktif menciptakan SDM unggul, satu hal yang harus ditempuh perguruan tinggi adalah selalu meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki, serta menyiapkan diri agar mampu beradaptasi untuk mencapai keberhasilan dalam membangun bangsa. Sebab, keunggulan SDM di era ini dapat dilihat dari tingkat inovasi dan kreativitas yang dihasilkan.

Perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan LPNK juga harus saling bahu membahu, bekerja sama, menjadi lokomotif inovasi dan kreativitas bangsa, menjadi penggerak pembinaan dan pembudayaan inovasi dan kreativitas. Hal tersebut telah didukung dengan terbitnya undang-undang Sistem Nasional IPTEK, sebagai pengganti atas undang-undang Nomor 18 Tahun 2002 yang menjadi momentum emas dalam peningkatan pembangunan kapasitas SDM iptek dan peningkatan karya-karya besar invensi dan inovasi.

Optimalkan Bonus Demografi

Selain itu, Rektor menyebut, bonus demografi yang bangsa Indonesia miliki harus benar- benar dapat dioptimalkan dengan mencetak sumber daya manusia Indonesia yang unggul. “Peluang ini akan menjadi emas jika kualitas pendidikan terus kita tingkatkan. Peran perguruan tinggi sebagai agen perubahan dinanti oleh bangsa ini dalam menjawab segala tantangan yang ada,”ujar Rektor.

Dalam peringatan HUT ke-74 RI, Rektor ITERA juga menyerahkan dan menyematkan Satya Lancana Karya Satya kepada dua pegawai ITERA  yakni Sutaryanto, A.Md atas pengabdiannya selama 20 Tahun sebagai Pegawai Negeri Sipil dan Iwan Maryawan, S.E., M.Pd. atas pengabdiannya selama 10 Tahun sebagai Pegawai Negeri Sipil. [Humas]

Close Menu