ITERA NEWS. Fakultas Sains Institut Teknologi Sumatera (Itera) menggelar acara Monitoring Kegiatan dan Evaluasi Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024 pada Senin, 29 Juli 2024, di Aula F Itera. Turut hadir dalam acara tersebut Dekan Fakultas Sains, Dr. Ikah Ning P. Permanasari, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Sri Efrinita Irwan, S.Si., M.Si., Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Umum apt. Dirga, S.Farm., M.Sc., serta seluruh dosen dari program studi di Fakultas Sains Itera.
Dekan Fakultas Sains, Dr. Ikah Ning P. Permanasari, M.Si, menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah evaluasi program dan metode pengajaran yang telah diterapkan selama satu semester. Dalam evaluasi ini, para dosen diharapkan dapat merefleksikan dan memperbaiki metode pengajaran, materi, serta pencapaian CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah). Selain itu, Dekan Fakultas Sains juga menyoroti tantangan menghadapi karakteristik generasi Z dalam proses mendidik mahasiswa.
Dosen Psikologi Universitas Malahayati Bandar Lampung, Prida Harkina, M.Psi.,Psikolog, menyampaikan bahwa bahwa generasi Z yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, dikenal sebagai “digital native” karena terbiasa dengan teknologi sejak dini.
Dosen Psikologi Universitas Malahayati Bandar Lampung, Prida Harkina, M.Psi.,Psikolog, menyampaikan bahwa bahwa generasi Z yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012, dikenal sebagai “digital native” karena terbiasa dengan teknologi sejak dini. Generasi ini memiliki pola pikir dan perilaku yang dipengaruhi oleh internet, serta pendekatan yang berbeda terhadap pekerjaan dan pendidikan. Sehingga tantangan utama bagi dosen adalah mengintegrasikan teknologi dalam pengajaran untuk menarik perhatian generasi ini. Selain itu, penting untuk memberikan kebebasan belajar kepada mahasiswa dan menanamkan nilai-nilai positif seperti integritas dan kerja sama, Tujuannya meningkatkan motivasi belajar dan mendorong mahasiswa untuk mengambil peran aktif dalam proses pendidikan.
Kesempatan yang sama, seluruh dosen Fakultas Sains Itera menyampaikan hasil evaluasi program dan metode pengajaran yang telah diterapkan selama satu semester, serta mendiskusikan penyesuaian dalam pendekatan pengajaran dengan kebutuhan dan karakteristik generasi Z.
Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Sains Itera, dengan menciptakan metode pengajaran yang lebih relevan dan menarik bagi mahasiswa generasi Z. Dengan demikian, Fakultas Sains Itera terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan adaptif terhadap perkembangan zaman, serta mampu membekali mahasiswa dengan kompetensi yang dibutuhkan di era digital saat ini.
(Rilis/Humas Fakultas Sains)