Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Lampung Perlu Percepatan Pembangunan

Lampung Perlu Percepatan Pembangunan

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Rektor Institut Teknologi Sumatera Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., mendorong Provinsi Lampung melakukan percepatan pembangunan yang terintegrasi dengan pembangunan yang telah dilakukan pemerintah pusat di Bumi Ruwa Jurai, seperti pembangunan jalan Tol Trans Sumatera.

Menurut Rektor saat ini provinsi Lampung menjadi provinsi dengan infrastruktur penunjang yang sangat lengkap dibanding dengan provinsi lain di Sumatera. Untuk itu provinsi Lampung harus bergerak cepat merespon hal tersebut dengan melakukan perencanaan pembangunan yang strategis dan terintegrasi.

“Pemerintah Provinsi Lampung sudah mendapatkan berkah, mulai dari posisi Lampung yang menjadi pintu masuk ke Sumatera, hingga adanya infrastruktur penunjang seperti jalan tol. Perlu adanya upaya cepat untuk bisa menghubungkan akses jalan dari daerah ke tol sehingga menjadi nilai tambah untuk mendongkrak potensi seperti pariwisata hingga industri di Lampung,” ujar Rektor saat menjadi penanggap utama dalam agenda Konsultasi Publik Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019 -2024, di Gedung Pusiban Kompleks Kantor Gubernur Lampung,  Kamis (4/7/2019).

Selain itu, Rektor menilai, Provinsi Lampung juga perlu melakukan hilirisasi produk-produk komoditas lokal, seperti kopi sehingga dapat meningkatkan nilai jual. Lebih lanjut Rektor meminta pemerintah juga lebih meningkatkan digitalisasi dalam berbagai sektor guna memperiapkan diri menghadapi persaingan dalam era revolusi industri 4.0 yang kini berlangsung,

“Bappedalah yang harus mengatur semua ini dengan perencanaan yang terintegrasi. Jangan sampai, nantinya Lampung hanya menjadi penonton dan hanya menjadi akses lalu lintas di Pulau Sumatera,”ujar Rektor.

Agenda yang dibuka langsung oleh Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi, tersebut  menghadirkan empat pemateri utama yaitu Direktur Pengembangan Wilayah dan Kawasan Bappenas RI M. Agung Widodo, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Herlina Warganegara, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, serta Staf Ahli Rektor ITERA Bidang Pengembangan Prof. Dr.Ir. Deny Juanda P, DEA yang juga menjabat Ketua Komisi Infrastruktur Energi, dan ICT Dewan Riset Daerah (DRD) Provinsi Lampung.

Usai pembahasan rancangan RPJMD Provinsi Lampung  2019 -2024, Rektor ITERA Prof.Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., turut menandatangani berita acara telah dilakukannya Konsultasi Publik Rancana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Lampung 2019 -2024. [Humas]

Close Menu