Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
ITERA dan PT Bukit Asam Jajaki Kerja Sama

ITERA dan PT Bukit Asam Jajaki Kerja Sama

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan PT Bukit Asam (Tbk) tengah menjajaki kerja sama dalam bidang pengembangan riset bersama dan program pendidikan. Hal tersebut dibahas dalam pertemuan antara Rektor ITERA Prof.Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., dengan jajaran pimpinan PT Bukit Asam (Tbk) yang melakukan kunjungan ke Kampus ITERA, Rabu (14/8/2019).

Hadir dalam pertemuan tersebut Manager SDM, Umum dan Keuangan PT Bukit Asam (Tbk) Ketut Sukra Yadnya, Manager Pengadaan Jumadar, Manager Quality Control Aang Haryadi dan Asistem Manager Agus Kurniadi.

Rektor ITERA Prof.Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D, menyampaikan ITERA menyambut baik rencana kerja sama yang akan dilakukan antara ITERA dan PT Bukit Asam. Sebab, ITERA memiliki sekitar 340 tenaga dosen dengan berbagai bidang kepakaran yang dapat mendukung program-program riset yang dibutuhkan PT.Bukit Asam (Tbk). Selain itu, ITERA juga memiliki Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Penjaminan Mutu (LP3) yang siap bersinergi dengan berbagai pihak.

“Tidak hanya PT Bukit Asam, kepada BUMN lain kami juga terbuka untuk memanfaatkan keahlian para tenaga dosen yang kami miliki untuk membuat kajian ilmiah dan kajian teknis sesuai bidang yang dibutuhkan,”ujar Rektor.

Rektor menyebut, sebagai perguruan tinggi berbasis teknologi, ITERA mempunyai misi menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sesuai yang dibutuhkan oleh Sumatera. Sehingga kerja sama dengan PT Bukit Asam (Tbk) menjadi salah satu wujud penyaluran tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor juga menjabarkan beberapa program ITERA lainnya, seperti program penghijauan dan pembangunan kawasan Kebun Raya ITERA yang bakal menjadi pusat konservasi keanekaragaman hayati khas Pulau Sumatera.

Sementara Manager SDM, Umum dan Keuangan PT Bukit Asam (Tbk) Ketut Sukra Yadnya menyampaikan, selama ini ITERA dan PT Bukit Asam (Tbk) telah melakukan kerja sama dalam program pendidikan seperti kuliah lapangan hingga magang mahasiswa. Namun, ke depan, PT Bukit Asam (Tbk) ingin memanfaatkan kepakaran-kepakaran yang dimiliki oleh dosen ITERA guna mendukung program-program perusahaan melalui program riset bersama.  “Selain program pendidikan, kami ingin dapat memanfatkan sumber daya ahli yang dimiliki oleh ITERA,”ujar Ketut Sukra Yadnya.

Usai pertemuan tersebut ITERA dan PT Bukit Asam (Tbk) sepakat untuk merancang memorandung of understanding (MoU) yang akan ditandatangani pimpinan ke dua institusi dalam waktu dekat. [Humas]

Close Menu