Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Embung E ITERA Diusulkan Jadi Pusat Olahraga Air Lampung

Embung E ITERA Diusulkan Jadi Pusat Olahraga Air Lampung

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Embung E yang merupakan embung terbesar di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) diusulkan menjadi pusat olahraga air terutama cabang olahraga Dayung di Provinsi Lampung. Hal tersebut dibahas dalam rapat koordinasi terbatas yang melibatkan perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung, Brigif 4 Marinir/BS, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung, Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia  (PODSI) dan ITERA. Rapat tersebut diadakan di Ruang Rapat Besar Kampus ITERA, Selasa (31/3/2020) dengan tetap menerapkan standar pencegahan penyebaran Covid-19.

Rektor ITERA Prof. Ofyar Z. Tamin, M.Sc. Ph.D menyampaikan rencana pemanfaatan Embung E ITERA sebagai sarana olahraga air di Provinsi Lampung, pertama kali digagas oleh Brigif 4 Marinir/BS. “Hasil pertemuan ITERA dan Komandan Brigif, muncul keinginan untuk memajukan olahraga di Provinsi Lampung, salah satunya adalah olahraga air yaitu dayung dengan memanfaatkan Embung E yang ada di ITERA sehingga membutuhkan dukungan stakeholder seperti Dispora, KONI Lampung, dan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia(PODSI),” ujar Rektor.

Dalam rapat koordinasi tersebut dibahas, untuk dapat dimanfaatkan sebagai sarana olahraga dayung Embung E ITERA perlu diperpanjang dari 730 menjadi 900 meter. ITERA sudah melakukan pendekatan awal, dengan koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji Sekampung, dan mereka bersedia untuk memperpanjang menjadi 900 meter.

Rektor menyebut, sebagai bagian dari kampus yang mengusung motto Friendly Campus, ITERA sedang merencanakan beberapa pembangunan sarana olahraga seperti Sport Center, lapangan baseball, hingga GOR Mini yang didukung Pemprov Lampung. Rencana pemanfaatan Embung E sebagai pusat sarana olahraga air di Lampung, menurut Rektor akan semakin menunjang rencana pemerintah menjadikan ITERA sebagai salah satu pusat olaharag di Lampung.

Dalam rapat tersebut hadir Danbrigif 4 Marinir/BS yang diwakili oleh Letkol Mar Kanang Budi Raharjo, M.Tr. (Hanla), Perwakilan Dispora Provinsi Lampung, Drs. Edy Sunarso, Perwakilan KONI Provinsi Lampung, Dr. Frans Nur Seto, M.Psi    dan Sekretaris PODSI Lampung, Ir. Almuhery Ali Paksi. Dalam kesempatan tersebut semua stakeholder sepakat untuk mengusulkan pemanfaatan Embung E ITERA sebagai pusat olahraga air di Provinsi Lampung.

Lokasi pusat olahraga air yang berada di Kampus ITERA diharapkan dapat memacu semangat generasi muda untuk kembali menekuni berbagai cabang olahraga air, seperti dayung, ski air, layar, selam, triatlon, dan renang jarak jauh. [Humas]

Close Menu