Dosen ITERA Latih Pelaku UMKM Digital Marketing

Dosen ITERA Latih Pelaku UMKM Digital Marketing

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Sebagai program pengabdian kepada masyarakat tim dosen Institut Teknologi Sumatera (ITERA) mengadakan pelatihan tentang pemasaran digital (digital marketing) bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pelatihan tersebut diberikan kepada karyawan kafe Inspirasi Corner, Bandar Lampung dengan tajuk Pelatihan digital marketing serta edukasi kepada karyawan Cafe Inspirasi Corner dalam rangka meningkatkan softskill karyawan di masa pandemi Covid-19, Lampung.

Pelatihan tersebut mengupas tentang ruang lingkup digital marketing  mulai dari pentingnya digital marketing di masa pandemi, tips dan trik marketing, tips menjadi karyawan terbaik dalam bekerja, hingga penyusunan standard operation procedure (SOP) sederhana dan cara membuat poster dan video marketing menggunakan aplikasi di media sosial. Peserta juga diajarkan membuat copy writing dan  pembuatan website sederhana sebagai media pemasaran. Materi tersebut disampaikan oleh empat orang dosen ITERA yaitu Sabar, S.Pd., M.Si, La Ode Arham, S.Pd., M.T., Zunanik Mufidah, S.TP, M.Si., Kisna Pertiwi, M.Si dan Duwi Hariyanto M.Si. Turut berpartisipasi tim mahasiswa ITERA.

Ketua PkM Sabar, S.Pd., M.Si menyampaikan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, maka pelatihan ini diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan soft skill karyawan Café Inspirasi Corner dalam memahami target pasar, menggunakan media sosial dan dapat memanfaatkan aplikasi sederhana dalam membuat postingan yang lebih menarik sebagai sarana promosi. Pelatihan ini juga melatih softskill karyawan dari segi pelayanan yang prima ketika berinteraksi dengan pelanggan.

“Pelatihan ini sangatlah penting karena kita tidak terbatas lagi oleh jarak dan waktu. Semua orang dimanapun bisa mengakses smartphonenya dengan mudah untuk melakukan transaksi jual beli. Hal ini tentunya menjadi solusi dimasa pandemi saat ini karena konsumen lebih suka belanja online dari pada harus langsung ke lokasi yang jauh,” ujar Sabar.

“Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan soft skill karyawan Café Inspirasi Corner dalam memahami target pasar, menggunakan media sosial dan dapat memanfaatkan aplikasi sederhana dalam membuat postingan yang lebih menarik sebagai sarana promosi.”

Sementara pemateri, Zunanik Mufidah menyampaikan tentang pentingnya digital marketing. Sebagai seorang pelaku UMKM harus mampu mengenali keunggulan produk untuk menentukan target pasar, seperti keunggulan produk atau jasa yang ditawarkan. Pemateri kedua Kisna Pertiwi membahas tips dan trik marketing yang utama, yaitu dengan membangun kejujuran dan kepercayaan kepada konsumen untuk memiliki konsumen yang loyal serta beri pelayanan prima.

Selain itu, peserta pelatihan juga mendapatkan materi strategi mengelola media sosial yang disampaikan oleh Duwi hariyanto. Duwi menyebut media sosial sangat penting bagi pengelolah usaha. Pentingnya desain dan pemilihan warna dan desain dalam postingan di media sosial yang dapat mendefinisikan produk sehingga mampu meningkatkan engagement dari followers/konsumen. Sesi ini juga diisi dengan kegiatan membuat poster untuk postingan yang menarik dengan menggunakan aplikasi canva. Pemateri La Ode Arham meyampaikan bahwa pentingnya copy writing dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan untuk membeli produk yang kita miliki. Selanjutnya pada sesi materi terakhir yang dibawakan oleh tim mahasiswa ITERA yaitu Zaki Husni, Monika dan rayfaldi para peserta diajak praktik membuat website dan membeli domain website.

Pemilik Café Inspirasi Corner, Iqbal Fasa menyambut baik kegiatan pelatihan yang diadakan tim ITERA. Dia berharap kedepan akan ada pelatihan lain sehingga dapat meningkatkan kompetensi dan softskill karyawannya. (Rilis/Humas)