Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Dies Natalis ke-2 Prodi Farmasi Sukses Gelar The 1st Pharmacie 2019

Dies Natalis ke-2 Prodi Farmasi Sukses Gelar The 1st Pharmacie 2019

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Program Studi (Prodi) Farmasi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) merayakan Dies Natalis ke-2, dengan menggelar kegiatan bertajuk The 1st Pharmacie 2019, 14-15 September 2019. Perayaan yang mengusung tema Bringing Local Wisdom For Sustainable Pharmaceutical Advances, tersebut diisi berbagai kegiatan seperti lomba cepat tepat, lomba inovasi produk dan penulisan karya ilmiah yang diikuti oleh pelajar SMA/SMK se Provinsi Lampung hingga seminar nasional & workshop kesehatan dengan tema Pharmaceutical Care pada Jantung Koroner yang digelar di Aula Gedung Kuliah Umum ITERA.

Kegiatan The 1st Pharmacie 2019 dibuka oleh Ketua Prodi Farmasi ITERA, Sudewi Mukaromah Khoirunnisa, S.Farm., M.Sc.,Apt. dan dihadiri oleh beberapa dosen Prodi Farmasi, serta perwakilan Balai Besar POM Provinsi Lampung, Sri Wulan Mega, S.Farm., Apt.

Pada hari pertama, kegiatan lomba berlangsung meriah ditandai dengan antusiasme peserta dan pengunjung yang hadir dan mengikuti seluruh rangkaian acara. Ketua Pelaksana kegiatan lomba Issri Mila Nova Andinni,  menyampaikan perlombaan The 1 st Pharmacie 2019 diikuti oleh siswa SMK dan SMA Se-provinsi Lampung dengan beberapa cabang lomba diantaranya lomba cepat tepat (LCT) diikuti oleh 19 tim, lomba inovasi produk (LIP) diikuti oleh 24 tim dan lomba artikel ilmiah (LAI) diikuti oleh 18 tim. Sementara, Ketua Panitia Anjar Hermadi Saputro, S.Farm., M.Pharm.Sci., Apt. menyempaikan, berbagai kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pelajar SMK dan SMA di Bumi Ruwa Jurai, untuk terus berkarya dan berinovasi.

”Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pelajar SMK dan SMA di Bumi Ruwa Jurai, untuk terus berkarya dan berinovasi.”

Dalam kegiatan lomba cepat tepat (LCT) juara 1 diraih oleh SMK Cendekia Farma Husada, juara 2 SMK Muhammadiyah 3 Metro dan SMK N 7 Bandar Lampung sebagai peraih juara 3. Lomba artikel ilmiah dijuarai oleh SMK Tanjung Raya sebagai peraih juara 1, SMK Muhammadiyah 3 Metro sebagai peraih juara 2 dan SMA N 1 Seputih Agung sebagai peraih juara 3. Lomba inovasi produk dijuarai oleh SMK N 7 Bandar Lampung sebagai peraih juara 1, SMK Kesuma Bangsa sebagai peraih juara 2, SMK Cendekia Farma Husada sebagai peraih juara 3 dan SMK N 7 Bandar Lampung sebagai peraih juara produk favorit.

Seminar Farmasi

Selain acara perlombaan, dalam merayakan Dies Natalis Program Studi Farmasi ITERA Ke-2, Prodi Farmasi ITERA juga mengadakan acara seminar nasional & workshop dengan tema Pharmaceutical Care pada Jantung Koroner. Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil rektor ITERA Bidang Non Akademik Prof.Dr. Sukrasno, M.S. yang sekaligus melakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda perayaan Dies Natalis ke-2 Prodi Farmasi.

Seminar Nasional dan Workshop seputar dunia farmasi tersebut menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya diantaranya dr. Erwin Mulia, Sp.JP(K), FAsCC, FIHA. Yang menyampaikan materi manajemen terapi penyakit jantung koroner, Prof. Dr. Sukrasno, MS., tentang potensi bahan alam dalam manajemen pengobatan pada penyakit jantung koroner dan Drs. Budi Raharjo, S.p.FRS., Apt. Membahas pharmaceutical care pada penyakit jantung koroner & studi kasus penyakit jantung koroner (Metode SOAP).

Kegiatan seminar yang melibatkan 143 apoteker dan 50 mahasiswa tersebut dihadiri Ketua Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Provinsi Lampung, perwakilan Balai Besar POM Provinsi Lampung, serta dosen Program Studi Farmasi ITERA. [Humas]

Close Menu