UKM Gamahira Lakukan Aksi Penghijauan Pura Vidya Dharma ITERA

UKM Gamahira Lakukan Aksi Penghijauan Pura Vidya Dharma ITERA

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Keluarga Mahasiswa Hindu ITERA (Gamahira) melakukan aksi penghijauan di Pura Vidya Dharma ITERA yang merupakan bagian dari Rumah Ibadah Multi Agama (RIMA) ITERA, Minggu, 17 April 2022. Penghijauan dilakukan dengan penanaman pohon disekitar Pura Vidya Dharma ITERA. Ada beberapa jenis tanaman yang ditanam seperti bunga asoka, kenanga, jasmin, kamboja, pucuk merah, andong, pohon kelapa, dan puring/kroton.

Ketua pelaksana kegiatan Indra Jaya Tirta, mengatakan kegiatan penghijauan ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan juga keasrian lingkungan pura. Selain itu  diharapkan tanaman bunga yang nantinya dihasilkan dapat mencukupi kebutuhan untuk sarana ibadah dan mempermudah untuk kedepannya.

Pembina UKM Gamahira Dr. I Putu Mahendra, S.Si., menyampaikan penghijauan ini dilakukan secara berkala untuk menjaga keasrian dari RIMA ITERA sebelum diadakan penghijauan lebih lanjut oleh pihak ITERA yang juga akan melaksanakan penghijauan di RIMA ITERA.

“Penghijauan Pura Vidya Dharma ITERA dilakukan untuk merawat dan memperindah kawasan Rumah Ibadah Hindu yang telah difasilitasi oleh ITERA, juga sebagai apresiasi dari kami karena Rumah Ibadah Multi Agama jarang ada di kawasan kampus,” ujar I Putu Mahendra.

Selain itu, kegiatan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan solidaritas dan kekeluargaan dari anggota UKM Gamahira itu sendiri.

“Awalnya UKM Gamahira hanya sebuah komunitas untuk mahasiswa Hindu ITERA yang belum berbentuk UKM karena sedikitnya massa untuk mahasiswa Hindu pada awal berdirinya ITERA.”

UKM Gamahira merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang mewadahi mahasiswa Hindu yang ada di ITERA. Awalnya UKM Gamahira hanya sebuah komunitas untuk mahasiswa Hindu ITERA yang belum berbentuk UKM karena sedikitnya massa untuk mahasiswa Hindu pada awal berdirinya ITERA. Berdasarkan surat keputusan rektor tahun 2019, terbentuklah UKM Hindu ITERA sebagai wadah yang sah bagi mahasiswa Hindu ITERA.

UKM yang dibina oleh PG Wisnu Wijaya, S.Sn., M.Sn. dan Dr. I Putu Mahendra, S.Si., saat ini telah memiliki anggota sekitar 120 mahasiswa dari berbagai program studi. Ketua UKM Gamahira I Gede Wahyu Saputra menyampaikan, Gamahira sebagai UKM budaya dan keagamaan bertujuan untuk menumbuh kembangkan religiusitas dan kecintaan mahasiswa Hindu ITERA terhadap agama dan budaya, serta dapat menjadi sarana dan tempat bagi mahasiswa Hindu ITERA dalam menggali dan mengembangkan potensi melalui berbagai kegiatan. []

Penulis : I Putu Gede Widara Yuda