Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Rektor ITERA Tinjau Bus Bantuan Kemenhub

Rektor ITERA Tinjau Bus Bantuan Kemenhub

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof.Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc.,Ph.D., meninjau 10 unit bus bantuan Kementerian Perhubungan RI untuk ITERA, yang saat ini telah berada di Gedung Hall B PKOR Way Halim, Bandar Lampung, Senin (23/12/2019). Dalam tinjauan tersebut Rektor yang didampingi oleh Tim Smart Bus Rapid Transit (BRT) ITERA melihat langsung kondisi bus yang akan dijadikan pilot project pengembangan bus Kampus di Indonesia.

Sebagai Smart BRT, Rektor memastikan bus tersebut nantinya akan dilengkapi dengan sistem tambahan yang memudahkan pengguna seperti GPS tracking yang terhubung dengan aplikasi khusus, sehingga pengguna dapat mendeteksi keberadaan bus, hingga rencana pembayaran yang menggunakan uang elektronik dengan harga khusus bagi mahasiswa.

Smart BRT ITERA direncanakan akan beroperasi pada Semester Genap Tahun Akademik 2019-2020, yang dimulai pada akhir Januari 2020. Adapun rute SMART BRT ITERA direncanakan akan memiliki dua trayek yaitu trayek I ITERA – Transmart-UIN Raden Intan –ITERA, dan Trayek II ITERA-arah Jatimulyo-Jl. Soekarno Hatta (Baypass)-Korpri-ITERA.

Selain menjadi moda transportasi bagi sivitas akademika menuju kampus, bus juga akan digunakan untuk mendukung kegiatan perkuliahan, seperti saat para mahasiswa melakukan kuliah kerja lapangan, atau kegiatan lain yang dilakukan mahasiswa pada masing-masing program studi, dan unit kegiatan mahasiswa di luar kampus.

Saat ini, ITERA sedang menunggu penyerahan 10 unit bus bantuan Kemenhub tersebut melalui Pemerintah Provinsi Lampung. Penyerahan bus secara simbolis sebelumnya telah dilakukan oleh Direktur Angkutan Jalan Serahkan Kemenhub RI Ahmad Yani, mewakili Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi ke Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang dilanjutkan diberikan ke Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z. Tamin, M.Sc., Ph.D., dalam acara Dies Natalis ke-5/ Lustrum Perdana ITERA, Oktober lalu. [Humas]

Close Menu