Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
HMP Mandalanata ITERA Diskusi Prospek Kerja Alumni Planologi

HMP Mandalanata ITERA Diskusi Prospek Kerja Alumni Planologi

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Himpunan Mahasiswa Planologi (HMP) Mandalanata Institut Teknologi  Sumatera (ITERA) ‎mengadakan kegiatan Planner Talkshow membahas prospek ‎lulusan Planologi masa kini, di kampus ITERA, Sabtu (31/08/2019). Kegiatan talkshow ‎serta sharing session seputar dunia kerja lulusan prodi perencanaan wilayah dan kota tersebut menghadirkan tiga pembicara yaitu fresh ‎graduate lulusan Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA Nava Neilulfal Alvi, S.T., Sr. Urban Sanitation Specialist SNV ‎Indonesia I Nyoman Suartana, dan dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA Asirin,S.T., M.T. ‎yang juga sebagai anggota Ikatan Ahli Perencana Indonesia.

Dalam talkshow yang diikuti mahasiswa Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA dari berbagai angkatan dan beberapa mahasiswa prodi lain seperti farmasi, ‎teknologi  industri pertanian, dan arsitektur lanskap, salah satu pemateri Nava Neilulfal Alvi, S.T. menyampaikan bahwa di era revolusi industri 4.o yang saat ini, berlangsung setiap lulusan planologi dituntut dapat ‎menguasai hal terkait digitalisasi. Sebab, tersebut sangat dibutuhkan guna membangun ‎sistem data yang baik dan mengejar ketertinggalan dengan negara lain yang sudah lebih ‎dahulu menguasai hal tersebut. ‎

Selain itu, Sr. Urban Sanitation Specialist SNV ‎Indonesia I Nyoman Suartana menyampaikan materi tentang pentingnya meningkatkan wawasan para calon perencana karena lulusan ‎planologi nantinya tidak hanya fokus pada bidang pemerintahan tetapi juga memiliki banyak peluang ‎dan sangat dibutuhkan di bidang non pemerintahan.

Sementara dosen Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota ITERA Asirin,S.T., M.T. ‎yang juga sebagai anggota Ikatan Ahli Perencana Indonesia menekankan pentingnya meningkatkan jaringan dan pengetahuan mengenai profesi perencana wilayah dan kota, dengan bergabung langsung bersama organisasi profesi yang saat ini sudah ada.

Dalam talkshow tersebut juga para pemateri menyampaikan, bahwa lulusan planologi sebenarnya memiliki ‎prospek kerja yang luas dan menjanjikan mengingat mahasiswa planologi mempelajari ‎multidisiplin ilmu yang dinamis dan relevan dengan ‎permasalahan dan kejadiat disekitar. Lulusan planologi juga diharapkan tidak hanya ‎menjadi seorang pekerja akan tetepi juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan. [Humas]

Close Menu