Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Dua Mahasiswa ITERA KKN Kebangsaan di Maluku Utara

Dua Mahasiswa ITERA KKN Kebangsaan di Maluku Utara

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Dua mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) berangkat mengikuti Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan yang diadakan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan di Provinsi Maluku Utara. Mereka adalah Muhammad Artfanton Mahartanto dan Reza Syndhica dari Program Studi Teknik Geofisika. Kedua mahasiswa tersebut secara resmi dilepas oleh Rektor ITERA Prof. Ofyar Z. Tamin, M.Sc, Ph.D., di ruang rapat Gedung A ITERA, Rabu (17/7/2019).

Sebelum ditetapkan sebagai duta ITERA untuk program tersebut, kedua mahasiswa diseleksi melalui tahapan administrasi dan wawancara oleh Tim Pengelola KKN ITERA. Selanjutnya mereka juga diikutkan dalam kegiatan pembekalan bersama mahasiswa KKN Reguler ITERA pada 23 dan 30 Maret 2019. Mereka akan mengikuti Program KKN Kebangsaan selama lima pekan, dari tanggal 18 Juli – 21 Agustus 2019, di dua wilayah, yaitu Kota Ternate dan Tidore Kepulauan.

Saat melepas peserta KKN Kebangsaan, Rektor ITERA Prof. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., berpesan agar kedua mahasiswa delegasi ITERA dalam KKN Kebangsaan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan soft skill yang mereka miliki. Sebab saat ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memilki hard skill yang baik lewat perkuliahan secara akademik, akan tetapi juga diperlukan soft skill untuk bisa berkarya.

Selain itu, Rektor juga berpesan, agar kedua mahasiswa bangga menjadi duta ITERA dan juga provinsi Lampung dalam kegiatan yang akan mempertemukan mereka dengan mahasiwa dari seluruh daerah di Indonesia. Serta menyumbangkan keilmuan yang dimiliki untuk melakukan pengabdian masyarakat di tempat KKN.

“Kalian harus siap dan bangga menjadi duta Lampung dan ITERA. Kalian juga harus disiplin, kerja keras dan mau bekerjasama selama mengikuti KKN Kebangsaan,”ujar Rektor.

Program KKN Kebangsaan tahun ini berlokasi di Provinsi Maluku Utara, dengan Universitas Khairun (Unkhair) sebagai tuan rumah. Tema yang diambil adalah “Memperkokoh Rasa Kebangsaan melalui Pengelolaan Sumberdaya berbasis Kepulauan dan Mitigasi Bencana”.

Sekretaris Tim Pengelola KKN ITERA Arysca Wisnu Satria M.Eng., berharap peserta KKN Kebangsaan dapat belajar menerapkan ilmunya di lokasi KKN nanti, tidak hanya sekadar menjalankan program kerja, tetapi juga belajar mengembangkan potensi sumberdaya yang ada dan bersosialisasi dengan masyarakat setempat dan peserta lain.

“Mahasiswa yang kami pilih sebagai duta ITERA dalam KKN Kebangsaan kali ini adalah yang sesuai untuk tema tahun ini, terlebih belum lama ini di Maluku Utara digoncang gempa bumi besar sehingga jika dibutuhkan oleh pemerintah daerah setempat, mahasiswa dapat membantunya secara maksimal,” ujar Wisnu. [Humas]

Close Menu