Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
Delegasi ITERA Dalami Sains dan Teknologi di BUCT Tiongkok

Delegasi ITERA Dalami Sains dan Teknologi di BUCT Tiongkok

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Dua mahasiswa delegasi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dalam program Summer Camp di Beijing University of Chemical Technology (BUCT) Tiongkok, M. Nawasi (Prodi Teknik Mesin) dan Diti Artanti Utami (Prodi Perencanan Wilayah dan Kota) mengikuti serangkaian kegiatan di BUCT Tiongkok. Mereka mengikuti agenda utama yakni perkuliahan tentang sains dan teknologi di kampus tersebut bersama peserta lain dari 25 negara dan 36 universitas berbeda di seluruh dunia.

Para delegasi juga diajak mengunjungi laboratorium kampus setempat serta perusahaan yang ada di Tiongkok. Selain belajar tentang dunia akademik, delegasi ITERA juga berkesempatan mengenal lebih dalam kebudayaan Tiongkok dengan mengunjungi pusat-pusat wisata budaya di Beijing, seperti Kota Terlarang atau Forbidden City, tembok raksasa, hingga temple of heaven.

Tidak hanya itu, mereka  juga berkesempatan memenuhi undangan sarasehan masyarakat Indonesia di Beijing, Tiongkok dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tiongkok. Dalam kunjungan tersebut disampaikan oleh atase KBRI, bahwa Indonesia dan Tiongkok saat ini terus menjalin kerja sama yang erat, terutama dalam kerjasama belt and road.  Segingga ke dua negara dapat menjadi negara tujuan mahasiswa untuk saling melanjutkan studi baik S1, S2, maupun S3.

Dalam hal tersebut, KBRI menyatakan siap untuk memberikan rekomendasi jika dibutuhkan untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di berbagai kampus di Tiongkok. Adapun peluang beasiswa yang diberikan cukup besar, baik dari pemerintah Indonesia atau Tiongkok, maupun beasiswa belt and road. 

Nawasi, salah satu delegasi ITERA dalam program Summer Camp di Beijing University of Chemical Technology (BUCT) Tiongkok mengatakan sangat beruntung dapat berkesempatan mengikuti program tersebut.

“Program ini tidak hanya memberikan kita hal-hal tersebut, tetapi kami juga jadi belajar tentang budaya negara lain. Benar-benar kesempatan bagus untuk kami bisa memperkenalkan Indonesia dan segala keragamannya kepada dunia. Hal ini membuat saya bangga menjadi orang Indoensia,”ujar Nawasi melalui pesan elektronik, Senin (15/7/2019).

Untuk diketahui, M. Nawasi dan Diti Artanti Utami mengikuti program Summer Camp selama dua pekan, mulai 8 – 19 Juli 2019 di kampus BUCT, Tiongkok. Sebelum ditetapkan sebagai delegasi ITERA dalam program tersebut, M. Nawasi dan Diti Artanti Utami telah melewati sejumlah tes berkas dan wawancara baik dari jurusan maupun dari tim ITERA International Office.

Selain memberangkatkan dua mahasiswa ke BUCT Tiongkok, ITERA juga telah memberangkatkan delegasi lain yang terdiri dari 5 mahasiswa dan dua dosen dalam program Summer Course ke Tianjin University, Tiongkok. Program tersebut dilaksanakan selama 3 bulan (15 Juli – 15 September 2019). Selama mengikuti program Summer Camp, delegasi ITERA berkesempatan menimba ilmu dari para profesor di sana. Selain itu, mahasiswa dan dosen diajak mempelajari kebudayaan masyarakat Tiongkok, hingga mengunjungi tempat-tempat bersejarah. [Humas]

Close Menu