Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
BPDASHL WSS Ajak Mahasiswa Kehutanan Unila Kunjungi Arboretum ITERA
Mahasiswa Kehutanan Unila yang sedang menjalankan kuliah lapang di BPDAS HL Way Seputih Sekampung, mengunjungi Arboretum ITERA, Jumat (10/7/2020). Foto : Dok. Kebun Raya ITERA

BPDASHL WSS Ajak Mahasiswa Kehutanan Unila Kunjungi Arboretum ITERA

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Way Seputih-Sekampung mengajak mahasiswa Kehutanan Universitas Lampung (Unila) yang tengah melaksanakan praktik lapang mengunjungi Arboretum atau kebun pohon ITERA, Jumat (10/7/2020). Sebanyak sembilan mahasiswa yang didampingi staf BPDASHL WSS Apriadi S.Hut., diterima oleh pengelola UPT Konservasi Flora Sumatera/Kebun Raya ITERA, Alawiyah, S.P dan tim.

Kepada para mahasiwa Alawiyah menjelaskan Arboretum ITERA merupakan hasil kerjasama ITERA dengan BPDAS HL Way Seputih- Way Sekampung yang telah diresmikan sejak tahun 2017.  Pembangunan Arboretum ITERA seluas 2 hektar berpotensi menjadi lokasi riset, pendidikan, dan agrowisata, serta menjadi ruang terbuka hijau bagi sivitas akademik ITERA maupun masyarakat Lampung.

Arboretum ITERA yang memiliki 45 blok koleksi merupakan tanaman hasil kerjasama ITERA BPDASHLWSS yang dimulai sejak 21 Maret 2017 bertepatan dengan peringatan hari hutan sedunia. Zona yang berisi koleksi tanaman hasil persemaian BPDAS menjadi nilai tambah ITERA sebagai perguruan tinggi yang mendukung penelitian dan peningkatan sumber daya manusia dan sumber daya alam.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa juga mendapatkan penjelasan mengenai konsep arboretum yang terdiri dari berbagai jenis tanaman pohon, hingga mekanisme yang dijalankan dalam kerjasama arboretum ITERA.

Selain mendapatkan penjelasan seputar arboretum ITERA, mahasiswa juga melakukan pelatihan oprasionalisasi drone di area arboretum ITERA dan menyempatkan diri mengunjungi Kebun Raya ITERA. Para mahasiswa tampak antusias mengikuti kegiatan kunjungan tersebut, dan turut menikmati keindahan Taman Estetika Kebun Raya ITERA. [Humas]

Close Menu