Mahasiswa KKN ITERA Rakit Penyemprot Hand Sanitizer Otomatis di SMAN 1 Purbolinggo

Mahasiswa KKN ITERA Rakit Penyemprot Hand Sanitizer Otomatis di SMAN 1 Purbolinggo

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di SMAN 1 Purbolinggo, Lampung Timur, merakit alat penyemprot hand sanitizer otomatis yang digunakan di sekolah. Alat tersebut dibuat guna menunjang kegiatan di SMAN 1 Purbolinggo di masa pandemi.

Hand sanitizer otomatis ini dibuat sebagai alat penyemprot hand sanitizer yang digunakan tanpa perlu menyentuh alatnya. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan membaca jarak dari objek yang selanjutnya di proses oleh mikrokontroller sehingga dapat menghidupkan pompa untuk menyemprotkan hand sanitizer.

Tim KKN yang beranggotakan Amzen Manhadi, Bagus Pratama, Evita Sari, Galeh Widharma, Laila Kusuma Ditama, Sonya Rejeki Siahaan, dan Syahdila Rahmadianti Eka P, membuat alat tersebut sebagai salah satu program kerja KKN. Perwakilan mahasiswa, Amzen Manhadi menyebut di masa kenormalan baru, beberapa aktivitas sudah mulai dijalankan di sekolah. Untuk itu, dibutuhkan alat-alat penunjang penerapan protokol kesehatan di sekolah yang dibutuhkan oleh guru dan para pegawai.

“Salah satu protokol kesehatan adalah dengan rajin mencuci tangan atau sebagai alternatif memakai handzanitizer. Untuk memudahkan penggunaan handsanitizer, kami membuat alat penyemprot handsanitizer otomatis, sehingga meminimalkan kontak langsung dengan orang lain.”

“Salah satu protokol kesehatan adalah dengan rajin mencuci tangan atau sebagai alternatif memakai handzanitizer. Untuk memudahkan penggunaan hand sanitizer, kami membuat alat penyemprot hand sanitizer otomatis, sehingga meminimalkan kontak langsung dengan orang lain,” ujar Amzen, Senin, 15 Februari 2021.

Amzen menambahkan, alat yang dibuat masih sangat sederhana, sehingga masih sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Selain membuat alat penyemprot handsanitizer otomatis, mahasiswa KKN ITERA juga membuat berbagai poster edukasi tentang pencegahan Covid-19.

Penyerahan alat kepada pihak SMAN 1 Purbolinggo dilakukan oleh dosen pembimbing lapangan mahasiswa Demi Dama Yanti, S.Si., M.Si. dan diterima oleh Kepala SMAN 1 Purbolinggo, Suparwan, S.Pd., M.Pd. Kepala SMAN 1 Purbolinggo mengapresiasi alat penyemprot hand sanitizer otomatis yang diberikan Mahasiswa KKN ITERA kepada sekolahnya. Diharapkan dengan adanya alat tersebut dapat membantu sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan, sehingga dapat meminimalisir penyebaaran Covid-19. (Rilis/Humas)