Si Kembar Mahasiswa Fisika ITERA Juara Hafiz Al-Qur’an Nasional

Si Kembar Mahasiswa Fisika ITERA Juara Hafiz Al-Qur’an Nasional

  • Post author:
  • Post category:Berita
Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS. Mahasiswa kembar dari Program Studi Fisika Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Rohana dan Rohani kembali berhasil meraih prestasi di tingkat nasional. Kali ini, mahasiswa kembar ITERA ini meraih juara pertama untuk dua cabang lomba berbeda dalam Semarak Hafiz Al-Qur’an se-Nusantara yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Lembaga Hafiz Al-Qur’an Islam Nusantara dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, beberapa waktu lalu.

Rohana meraih juara 1 cabang ajwad atau terbaik dalam segi bacaan, sementara Rohani menjadi juara 1 cabang aqwa atau terkuat dalam hafalan Al-Qurán.

Dalam kompetisi tersebut, Rohana mengaku secara langsung mengikuti rangkaian seleksi sambung ayat Al-Qur’an yang tidak diberi tahu Surah yang akan dibacakan sebelumnya.

“Alhamdulillah awalnya tidak menyangka akan jadi juara karena banyak peserta yang memiliki jumlah hafalan lebih dari saya. Tetapi juri menyebut bahwa tajwid saya bagus dan tepat,” ujar Rohana diwawancarai di ITERA, Kamis, 25 November 2021.

“Menurut Rohana yang utama bukanlan  seberapa banyak jumlah hafalan namun seberapa fasih dan istiqamah untuk terus membaca dan mempelajari Al-Qurán dengan baik dan benar”

Rohana menambahkan, dari keikutsertaan dirinya dalam lomba tersebut, dirinya juga semakin termotivasi untuk terus menghafal Al-Qur’an. Meskipun menurut dia, yang utama bukanlan  seberapa banyak jumlah hafalan namun seberapa fasih dan istiqamah untuk terus membaca dan mempelajari Al-Qurán dengan baik dan benar.

Sementara si kembar lainnya, yaitu Rohani, yang mengikuti cabang perlombaan Aqwa atau terkuat hafalannya, diuji sambung ayat, tebak surah, dan kefasihan dalam membaca. Rohani mengaku sangat bersyukur dapat kembali mengukir prestasi di bidang keilmuan agama, selain di bidang pengetahuan umum.

Dalam kompetisi tersebut si Kembar ITERA Rohana dan Rohani harus bersaing dengan 1.650 peserta dari berbagai macam pesantren, universitas, dan institusi se-Indonesia. Setelah dinyatakan lolos masuk sepuluh besar, Rohana dan Rohani melaju kembali ke babak 3 besar pada 16 November 2021 lalu. []

Reporter : Syifa Khoirinnisa Teknik Geofisika