PWK ITERA adakan Seminar Online Nasional dengan tema “Respon Kota Cerdas Dalam Menangani Pandemi di Indonesia Pada Masa Yang Akan Datang” melalui acara Ruang Plano 2.0

PWK ITERA adakan Seminar Online Nasional dengan tema “Respon Kota Cerdas Dalam Menangani Pandemi di Indonesia Pada Masa Yang Akan Datang” melalui acara Ruang Plano 2.0

  • Post author:
  • Post category:feed
Print Friendly, PDF & Email

Kamis (15/10/20) Ruang Plano 2.0 yang dilaksanakan oleh HMP Mandalanata Institut Teknologi Sumatera telah melaksanakan Seminar Online Nasional yang mengangkat tema tentang ‘’Respon Kota Cerdas Dalam Menangani Pandemi di Indonesia Pada Masa Yang Akan Datang’’. Seminar online nasional ini dilakukan via zoom meeting, yang diikuti lebih dari 450 orang peserta dari berbagai profesi dan instansi dari seluruh Indonesia.

Seminar Online Nasional Ruang Plano mengundang beberapa narasumber sebagai keynote speakers diantaranya adalah Prof.Dr.Ir.Marsudi W.Kisworo selaku Pakar Smart City di Indonesia; Ridwan Sutriadi,S.T.,M.T.,Ph.D. selaku Akademisi PWK ITB Bidang Smart City dan Fadly Haley Tanjung,S.T.,M.PWK. selaku Peneliti BAPPEDA DKI Jakarta. Adapun acara seminar ini di moderatori oleh M Bobby Rahman S.T.,M.Si (Han),Ph.D. selaku Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Sumatera.

Seminar Online Nasional ini dibuka dengan penyampaian sambutan dari Dr.Ir.Muhammad Irfan Affandi,M.Si selaku Ketua Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Sumatera. Selanjutnya, acara Seminar ini dibagi menjadi dua acara utama yaitu penyampaian materi oleh narasumber dan sesi tanya jawab.

Pada penyampaian materi pertama yang disampaikan oleh Prof.Dr.Ir.Marsudi W.Kisworo yang mengangkat bahasan tentang ‘’Smart City’’. Dalam pembahasannya, Prof.Dr.Ir. Marsudi W.Kisworo, menjelaskan bahwa terdapat satu kunci untuk penerapan smart city, yaitu pemikiran yang dilakukan agar masalah perkotaan tidak akan terjadi berulang-ulang. ‘’Selain itu, untuk membangun suatu kota cerdas atau smart city diperlukan 2 tahapan yang dilalui sebelum melakukan implementasi pembangunan pada smart city. Tahapan yang pertama yaitu analisis kesiapan daerah ataupun kota tersebut, lalu tahapan kedua adalah perencanaan pembangunan atau pembuatan master plan, setelah sudah dilakukan kedua tahapan tersebut maka implementasi pembangunan bisa dilakukan’’ jelas Prof Marsudi.

Materi kedua yang disampaikan oleh Ridwan Sutriadi S.T.,M.T.,Ph.D mengangkat bahasan tentang ‘’Perencana , Kecerdasan dan Pandemik’’. Dalam pembahasannya, Ridwan Sutriadi S.T.,M.T.,Ph.D mengatakan bahwa pandemic pada saat ini sama seperti semasa black death pada jaman dahulu. Hal ini menjadi acuan untuk mengatasi pandemic sekarang, dimana para perencana kota harus bersifat visioner.’’Pengembangan konteks kota cerdas dari sisi perencanaan perlu disusun guna kepentingan public mengingat kondisi pandemic sekarang sehingga kesejahteraan masyarakat perlu diutamakan dalam perencanan’’ujar Ridwan. Ia menjelaskan bahwa berbagai kebijakan yang muncul pada pandemic saat ini merupakan respon pada persoalan lingkungan yang terjadi.

Pada sesi pemaparan materi yang terakhir, disampaikan oleh Fadly Haley Tanjung, S.T.,M.PWK mengangkat bahasan tentang ‘’Respon Jakarta sebagai Kota Cerdas dalam Menghadapi Pandemi di Masa Mendatang’’. Dalam pembahasannya Fadley Haley Tanjung,S.T.,M.PWK mengatakan bahwa terjadi transformasi kota Jakarta pasca pandemic dengan cara peng-upgrade-an visi Kota Jakarta. ‘’Upgrade pengembangan dimasa pandemic nantinya akan berfokus pada pengembangan digital di segala aspek seperti pembangunan berorientasi digital, perencanaan berbasis Neighborhood dan pelayanan dasar berketahanan’’ ujar Fadly. Ia juga mengatakan bahwa Kota Jakarta akan terus meningkatkan teknologi digital di masa pasca pandemic.

Setelah penyampaian materi dari ketiga pembicara tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta kepada pembicara. Para peserta yang hadir dalam acara ini sangat antusias dan memberikan respon yang positif dalam acara seminar online nasional ini,hal ini terlihat dari banyaknya jumlah pertanyaan yang diajukan oleh peserta dalam sesi tanya jawab dalam acara webinar ini. Acara Webinar Nasional ini ditutup dengan sesi foto bersama yang dilakukan secara daring yang diikuti seluruh peserta,seluruh materi dan moderator.