Penerapan Taman Organik dan Hidroponik dalam Acara Ruang Plano 2.0 di Kelurahan Korpri Raya, Sukarame, Bandar Lampung.

Penerapan Taman Organik dan Hidroponik dalam Acara Ruang Plano 2.0 di Kelurahan Korpri Raya, Sukarame, Bandar Lampung.

  • Post author:
  • Post category:feed
Print Friendly, PDF & Email

Ruang Plano 2.0 merupakan acara yang diadakan setiap tahunnya untuk memperingati Hari Tata Ruang dan memperkenalkan Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi sumatera. Acara ini pertama kali dilaksanakan pada tahun 2019 yaitu ruang plano 1.0 dan dilanjutkan dengan ruang plano 2.0 pada tahun 2020. Tema dari ruang plano pada tahun ini adalah Smart City. Acara ini dilaksanakan kombinasi, baik secara daring maupun terjun langsung ke lapangan.

Dalam acara ruang plano 2.0 sendiri, salah satu rangkaian kegiatan acara adalah Gerakan Tata Ruang (GTR) yang tiap tahunnya dilaksanakan. Gerakan Tata Ruang merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menambah keterampilan masyarakat. Acara ini akan berkolaborasi dengan Departemen Pengabdian Masyarakat Himpunan Planologi Mandalanata ITERA, dan dilakukan Bersama-sama Ketua Pelaksana, Bendahara, Kasubdiv, Wakadiv, dan Staff Acara GTR.

Ruang plano telah menyelenggarakan acara Gerakan Tata Ruang sesuai tema yang diangkat yaitu dengan melakukan penanaman lahan hidroponik dan organik yang baik dan benar dan acara ini sekaligus meresmikan taman organik dan hidroponik di Kelurahan Korpri Raya, Sukarame, Bandar Lampung, Sabtu (03/10/20). Dalam acara peresmian dan penyerahan pelakat tersebut dihadiri oleh Bapak Lurah Korpri Raya yaitu bapak Arman S.h dan selaku dosen pembina Himpunan Mandalanata sendiri yaitu Hafi Munirwan, S.T., M.Sc., dan Surya Tri Esthi, S.T., M.T., perwakilan dari ketua lingkungan Korpri Raya, serta Kepala Persatuan ibu-ibu PKK.

Pada acara Gerakan Tata Ruang ini disambut dengan antusias oleh warga untuk mempelajari materi terkait hidroponik dan organik tersebut. Selanjutnya dari rangkaian acara tersebut melakukan penanaman pohon secara simbolis yang dilakukan oleh Lurah Korpri Raya, dan didampingi oleh dosen pembina HMP Mandalanata, Ketua Lingkungan setempat Kepala ibu-ibu PKK serta Ketua Himpunan Mandalanata dan Ketua Pelaksana Ruang Plano 2.0.