Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188
MAPPING : “Workshop Magnetik”

MAPPING : “Workshop Magnetik”

Print Friendly, PDF & Email

Pada hari Jum’at dan Minggu (9 dan 11 November 2018) telah diselenggarakan kegiatan  akuisisi metode geomagnetik yang berlokasi di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) sebagai salah satu program kerja yang dirancang oleh divisi keprofesian Himpunan Mahasiswa Teknik Geofisika Mayapada (HMTG Mayapada) ITERA. Kegitan akuisisi ini bernama MAPPING : “Workshop Magnetik” dengan mengusung topik “ Identifikasi Struktur Sesar Menggunakan Metode Magnetik Studi Kasus ITERA”. Kegiatan workshop tersebut bertujuan agar mahasiswa teknik geofisika ITERA dapat mengetahui instrumen-instrumen yang digunakan dalam akuisisi geomagnetik sebagai tahap pengenalan sebelum memasuki dunia kerja, selain itu mahasiswa juga dapat mengetahui cara kerja dari instrumen geomagnetik tersebut. Peserta yang hadir merupakan mahasiswa Teknik Geofisika ITERA dari angkatan 2015 dan 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 38 peserta.

Jum’at, 9 November 2018 dilakukan pembekalan pengenalan terlebih dahulu mengenai metode geomagnetik serta dilakukan penjelasan mengenai fungsi dari setiap instrumen yang digunakan kepada peserta workshop. Pembekalan tersebut diisi oleh salah satu dosen program studi Teknik Geofisika, yaitu  Bapak Dr. Nono Agus Santoso, S.Si., M.T. Selain pengenalan metode dan instrumen metode geomagnetik, pada pembekalan kali ini juga diisi dengan pemberitahuan menenai litolog lokasi yang akan digunakan untuk akuisisi oleh ketua divisi keprofesian Asido Saputra Sigalingging.

Minggu, 11 November 2018, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan akuisisi metode geomagnetik. Kegiatan akusisi ini didampingi oleh Bapak Virgian Rahmanda, S.T. selaku laboran Teknik Geofisika. Akusisi dilakukan dengan membagi peserta menjadi 2 kelompok, kelompok pertama melakukan akuisis pada pukul 07.00 – 11.30 WIB dan kelompok kedua melaukan akuisisi pada pukul 13.00 – 15.30 WIB. Setelah pelaksaan akuisisi dilakukan juga dilakukan proses pemindahan data dari main unit ke personal komputer.

Diharapkan dari kegiatan akuisisi metode geomagnetik ini, mahasiswa Teknik Geofisika ITERA dapat menambah pengetahuan lebih banyak lagi mengenai metode-metode akuisisi dalam bidang geofisika khususnya metode magnetik. (Shavira Widya Pangestika-Divisi Keahlian HMTG Mayapada ITERA).

Close Menu