Email: pusat@itera.ac.id/ | Telpon: (0721) 8030188

Kunjungan Industri 2018 (PT. Great Giant Pineapple)

Print Friendly, PDF & Email

Dosen Program Studi Teknik Sistem Energi ITERA mengadakan kunjungan Industri ke PT. Great Giant Pineapple (GGP) Terbanggi Besar, Lampung Tengah, 18 Desember 2018. Dalam kunjungan Industri ini Program Studi Teknik Sistem Energi berkesempatan langsung bertukar pikiran dengan Stakeholder Industri yang nantinya perusahaan akan meyerap tenaga kerja dari lulusan TSE dan juga menjadi inovasi maupun masukan dalam proses evaluasi yang berkesinambungan antara perguruan tinggi dan industri.
.
PT. Great Giant Pineapple (GGP) merupakan sebuah perusahaan Agro Industri yang bergerak dalam Bidang Perkebunan dan Pengalengan Nanas, perusahan tersebut berlokasi di Lampung tepatnya Lampung Tengah. PT Great Giant Pineapple menjadi perusahaan penghasil nanas kalengan terbesar ketiga di dunia dengan lebih dari 33 negara tujuan expor dan menguasai 20% dari pangsa pasar nanas kaleng di dunia atau dengan kata lain, 1 dari 5 produk nanas kaleng yang beredar di dunia adalah produk dari PT.GGP
.
Dari latar belakang itu PT.GGP mampu memenuhi kebutuhan energi nya sendiri yaitu dengan mendirikan PLTU batu bara. Manajemen Energi sangat dibutuhkan dan dilaksanakan pada sistem industri yang besar, melihat PT.GGP merupakan industri hulu sampai hilir artinya mulai dari perkebunan, pengolahan, pengalengan produk sampai dengan pengolahan limbah yang bisa mereka manfaatkan kembali.
.
PT.GGP memiliki motto (magic formula) yang harus mereka lakukan dimasa yang akan datang yaitu 30:40:50 artinya 30% mengurangi bahan bakar dan menggantinya dengan energi terbarukan, 40% mengurangi bahan kimia dan 50% menambah produktivitas. artinya ini merupakan kesempatan Perguruan Tinggi khususnya Prodi Teknik Sistem Energi ITERA dalam mempersiapkan lulusannya untuk menghadapi tantangan di dunia Industri. (gbp)

Close Menu