INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

"Smart, Friendly, and Forest Campus"

               

Wapres Tekankan Pentingnya Pembangunan Karakter di Perguruan Tinggi


October 6th, 2017 | Posted by: Elin Humas


1

Wapres Tekankan Pentingnya Pembangunan Karakter di Perguruan Tinggi

ITERA NEWS-Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menyelenggarakan Sidang Terbuka Dies Natalis ke-3, Jumat (6/10/2017). Kegiatan ini dihadiri Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir, Kepala Bappenas Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, dan beberapa pejabat dari Kementerian Ristekdikti serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Hadir pula Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N., Bupati Pringsewu, dan pejabat lain di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung maupun kabupaten/kota se Provinsi Lampung.

Pada kegiatan ini, Wapres menyampaikan Orasi Ilmiah dengam tema Pembangunan Karakter sebagai Bagian dari Revolusi Mental di Perguruan Tinggi. Menurut Wapres, pembangunan karakter di perguruan tinggi sangatlah penting. Indonesia dengan segala sumber daya alamnya membutuhkan tangan-tangan terampil yang ahli di bidang teknologi. Namun pembangunan menuju Indonesia yang lebih baik di masa depan tidak cukup hanya dengan keahlian. Dibutuhkan karakter khusus untuk mencapainya, yaitu karakter untuk maju, karakter untuk bersaing, karakter untuk berinovasi, dan karakter untuk menjadi entrepreneur.

“Jadi sangatlah kecil jika harapan adik-adik mahasiswa setelah lulus hanya ingin menjadi karyawan atau pegawai. Setelah lulus nanti, mahasiswa harus mampu berinovasi untuk menciptakan teknologi-teknologi baru yang bermanfaat untuk mendorong perekonomian Negara ini,” jelas Wapres.

Di sela-sela penyampaian orasi ilmiahnya, Wapres juga mendorong Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta Bappenas untuk dapat mendukung percepatan pembangunan ITERA. Dukungan ini, ujar Wapres, patut diberikan karena ITERA didirikan dengan misi untuk mewujudkan keseimbangan wilayah, pemerataan ekonomi, serta kesejahteraan sosial di Negeri ini.  “Perlu dibuat kebijakan khusus untuk mendorong ITERA. ITERA ini membawa nama pulau sebagai nama institusinya. Jadi saya rasa juga perlu mendapat perhatian khusus agar nantinya lulusan ITERA bisa mengangkat kualitas pembangunan di Sumatera,” jelas Wapres.

Sementara itu, Rektor ITERA Ofyar Z Tamin menjelaskan bahwa Dies Natalis ke-3 ini menjadi sangat spesial karena Wapres RI berkenan hadir. Kehadiran Wapres ini akan menjadi salah satu pemicu semangat bagi ITERA dalam melaksanakan percepatan pembangunan. Terlebih Orasi Ilmiah yang disampaikan Wapres mengangkat tema tentang pembangunan karakter. Menurut Rektor, pembangunan karakter ini sangat penting untuk membentuk pribadi sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak, dan menjadi warga Negara yang bertanggung jawab. Di ITERA, program pembangunan karakter dimulai dari tahun pertama perkuliahan yakni dengan program asrama dan Masjid Raya.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk mendukung percepatan pembangunan ITERA maupun perguruan tinggi lainnya di Lampung. Pemprov, ujar Gubernur, telah menyediakan lahan 275 hektare untuk lahan ITERA, dan 30 hektare di Gunung Betung untuk Observatorium Astronomi ITERA Lampung. “Kami juga akan menyediakan lahan untuk Unila dan UIN Raden Intan,” ujar Gubernur.

Selain menyampaikan Orasi Ilmiah pada Sidang Dies Natalis ke 3 ITERA, Wapres juga secara simbolis menandatangani prasasti peresmian Gedung Asrama Mahasiswa ITERA, gedung perkuliahan, dan embung atau danau buatan.

Pada Dies Natalis ke-3 ini juga, ITERA menyerahkan penghargaan ITERA ADI YASA MAHATAMA kepada Wapres  karena telah memberi begitu banyak bimbingan dan dukungan pada percepatan pembangunan ITERA. Kemudian penghargaan ITERA ADI KARSA UTAMA diberikan pula kepada Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir dan Kepala Bappenas yang juga telah memberikan dukungan penuh pada pembangunan di ITERA. Penghargaan lainnya yakni ITERA ADI KARSA MADYA juga diserahkan kepada beberapa orang yang telah berjasa pada ITERA.


Tinggalkan Komentar

 


Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)