INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

"Smart, Friendly, and Forest Campus"

               

Teknik Lingkungan

Teknik lingkungan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari tindakan preventif (pencegahan) dan kuratif (penyembuhan) yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan air, tanah, dan udara melalui pendekatan rekayasa teknik. Teknik lingkungan dilatarbelakangi oleh upaya proteksi lingkungan akibat kegiatan manusia, proteksi kesehatan dan keselamatan manusia akibat penyakit, serta penaggulangan pencemaran kimia yang ada di lingkungan.

Sejarah Berdirinya Program Studi Teknik Lingkungan ITERA

Program Studi Teknik Lingkungan baru dibuka pada tahun 2016, dengan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 381/KPT/I/2016.
Program studi Teknik Lingkungan (PS-TL), jurusan teknologi infrastruktur dan kewilayahan, sudah diselenggarakan dan menerima mahasiswa sejak bulan Agustus 2016. Perkuliahan diselenggarakan di Kampus ITERA Lampung.
Visi Program Studi Teknik Lingkungan

“Menjadi Program Studi Teknik Lingkungan yang unggul, berkualitas dan berprestasi secara nasional maupun internasional dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga memajukan wilayah Sumatera khususnya dan mendukung pembangunan negara”

Misi Program Studi Teknik Lingkungan

Menyelenggarakan pendidikan tinggi Teknik Lingkungan yang mampu bersaing secara global.
Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi Teknik Lingkungan melalui penelitian dan pengabdian masyarakat.
Memberikan kontribusi dengan menerapkan Ilmu Teknik Lingkungan dalam mendukung kemajuan wilayah Sumatera dan Indonesia
Tujuan Program Studi Teknik Lingkungan

Menghasilkan lulusan yang mampu berkontribusi positif dalam masyarakat keilmuan, keprofesian, dan pembangunan bangsa serta mampu berkiprah pada tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Sasaran Program Studi Teknik Lingkungan

Memiliki integritas, kedisiplinan, rasa saling menghargai, keadilan, dan bertanggung jawab.
Mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keahliannya dalam berbagai lini keprofesian teknik Lingkungan, serta dapat beradaptasi sesuai perkembangan di lingkungan karirnya.
Mampu berkomunikasi secara efektif, bekerja dalam tim, kreatif dan inovatif serta mau dan mampu belajar sepanjang hayat.

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)