Email: pusat@itera.ac.id | Telpon: (0721) 8030188
Resmikan GKU dan Labtek, Menristekdikti Dorong Terwujudnya ITERA for Sumatera

Resmikan GKU dan Labtek, Menristekdikti Dorong Terwujudnya ITERA for Sumatera

Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS-Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak. meresmikan Gedung Kuliah Umum (GKU) 1 dan Gedung Laboratorium Teknik (Labtek) 1 Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang dibangun dengan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2018, Rabu (16/1/2019). Pada peresmian ini, Menristekdikti mengatakan pemerintah akan terus mendorong agar ITERA mampu memberikan manfaat seluas-luasnya bagi pembangunan di seluruh Sumatera.
“Kita mau ITERA for Sumatera betul-betul terwujud di mana ITERA bisa mengembangkan sumber daya di Sumatera yang luar biasa baik itu pertanian, pertambangan, perkebunan, dan lainnya,” ujar Menristekdikti.
Prof. Nasir juga berharap dengan dibangunnya GKU 1 dan Labtek 1 dengan nilai total Rp 129,63 Miliar itu pelaksanaan pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat di ITERA dapat lebih baik lagi, dan ITERA dapat segera memiliki kualitas seperti institusi pembinanya yakni Institut Teknologi Bandung (ITB).
“Semoga gedung yang diresmikan hari ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan dengan pembangunan gedung ini, ITERA akan semakin baik dan bisa segera menjadi ITB nya Sumatera,” ujarnya.
Sementara itu, peresmian GKU 1 dan Labtek 1 ITERA juga dihadiri tamu undangan lain di antaranya Direktur Sarana dan Prasarana Kemenristekdikti Dr. Mohammad Sofwan Effendi, M.Ed., Direktur Pembiayaan Syariah Kemenkeu Dwi Irianti Hadiningdyah, S.H., M.H., Asisten 2 Sekretariat Daerah Provinsi Lampung Ir. Taufik Hidayat, M.M., MEP., Rektor Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Prof. Ir. Budi Santosa, Ph.D., Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, S.E., M.B.A., Direktur Politeknik Negeri Lampung Dr. Ir. Sarono, M.Si., Rektor IBI Darmajaya Ir. Firmansyah Y. Alfiani, M.B.A., M.Sc., beberapa Kepala Dinas di lingkungan Pemprov Lampung dan Kabupaten/Kota di Lampung, serta tamu undangan lainnya.
Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D mengatakan sangat bersyukur dan berterima kasih atas bantuan dan dukungan pemerintah yang begitu besar terhadap percepatan pembangunan di ITERA.
Berbagai bantuan dan dukungan tersebut, ujar Rektor, akan terus memacu ITERA untuk meningkatkan kualitasnya sehingga dapat memenuhi cita-cita untuk dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi pembangunan seluruh daerah di Sumatera.
“Gedung bantuan SBSN ini sangat mendukung kegiatan akademik kami karena jumlah mahasiswa ITERA terus meningkat signifikan setiap tahunnya sementara gedung kuliah sangat terbatas. Demikian pula dengan sarana laboratorium yang selama ini belum memadai. Oleh sebab itu, kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena pemerintah mengucukan dana SBSN untuk ITERA membangun GKU 1 dan Labtek 1 ini,” ujar Rektor.
Sementara itu, selain meresmikan GKU dan Labtek ITERA, Menristekdikti juga memberikan kuliah umum di aula GKU 1 ITERA dengan tema “Peran ITERA melalui Science Technology Park dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0”. Kuliah umum ini diikuti ratusan mahasiswa ITERA, serta dosen dan tenaga kependidikan ITERA.

Tinggalkan Balasan

Close Menu