INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

"Smart, Friendly, and Forest Campus"

               

Pusat Riset dan Pengembangan Bersama BMKG-ITERA Diresmikan


September 15th, 2017 | Posted by: Elin Humas


a

ITERA NEWS-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA) meresmikan Pusat Riset dan Pengembangan Bersama BMKG-ITERA di Kampus ITERA, Kamis (14/9/2017). Peresmian dihadiri oleh Rektor ITERA Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D, Mantan Kepala BMKG Dr. Andi Eka Sakya, M.Eng., Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Dr. Yunus Subagyo Swarinoto, M.Si, serta jajaran pimpinan ITERA dan BMKG Pusat maupun Provinsi Lampung.

Rektor menjelaskan ITERA menyediakan lahan 2 hektare untuk tempat pembangunan Pusat Riset dan Pengembangan Bersama ini.  Setelah diresmikan, Pusat Riset dan Pengembangan Bersama ini bisa digunakan untuk kegiatan penelitian, pengamatan, dan lainnya. “Apalagi kami juga akan membuka Program Studi Sains, Atmosfir, dan Keplanetan. Keberadaan Pusat Riset ini akan menjadi laboratorium prodi tersebut,” ujar Rektor.

Sementara itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Dr. Yunus Subagyo Swarinoto, M.S menjelaskan peresmian ini merupakan tindaklanjut dari MoU yang telah dilakukan pada Oktober 2016 antara BMKG dan ITERA. Saat ini, peralatan BMKG yang telah terpasang antara lain Automatic Weather System (AWS) , Termometer Maximum dan Minimum, dan penakar hujan. Kelengkapan peralatan tersebut menurutnya akan terus bertambah secara bertahap. “Peralatan-peralatan yang terpasang ini telah sesuai dengan standar World Meteorology Organizatio,” jelasnya.

Dia berharap Pusat Riset dan Pengembangan Bersama ini dapat dimanfaatkan dengan baik, tidak hanya untuk ITERA tetapi juga perguruan tinggi lainnya di Provinsi Lampung.


Tinggalkan Komentar

 


Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)