INSTITUT TEKNOLOGI SUMATERA

"Smart, Friendly, and Forest Campus"

               

Presiden Komitmen Percepat Pembangunan ITERA


Januari 21st, 2018 | Posted by: Elin Humas


Print Friendly, PDF & Email

ITERA NEWS-Presiden RI Joko Widodo meninjau pembangunan Kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA) di Jalan Terusan Ryacudu, Jatiagung, Lampung Selatan (21/1/2017). Presiden didampingi Menresdikti Muhammad Nasir, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Kapolda Lampung Irjen Suntana, dan jajaran Forkopimda Provinsi Lampung lainnya.
Dalam kunjungannya ini, Presiden berkomitmen untuk mempercepat pembangunan ITERA sebagai salah satu kampus yang diharapkan menghasilkan sumber daya manusia berkualitas yang pada akhirnya dapat memajukan seluruh daerah di Sumatera.
Terlebih saat ini program studi yang ada di ITERA sudah cukup mendukung harapan pemerintah untuk melahirkan engineer handal guna menyongsong revolusi industri. “Revolusi Industri membutuhkan engineer handal dan ke depannya harus didukung new technologi. Saya kira Institut Teknologi Sumatera sudah ke arah sana dan percepatannya patut kita dukung bersama,” ujar Presiden.
Guna mendukung percepatan tersebut, pemerintah menurut Presiden akan menambah sarana dan prasarana penunjang di ITERA seperti dua gedung kuliah dan satu laboratorium melalui Kemenristekdikti, dua tambahan unit asrama mahasiswa dari Kementerian PUPR, dan satu gedung perkuliahan dari CSR BUMN yang dikomandoi Kementerian BUMN.

Sementara itu, Rektor ITERA Ofyar Z Tamin sangat berterima kasih atas kedatangan Presiden ke ITERA. Terlebih lagi atas komitmen Presiden memberikan bantuan untuk percepatan pembangunan ITERA.
“Bantuan gedung dan laboratorium dari Kemenristekdikti ini rencananya mencapai Rp 129 miliar, dua unit asrama dengan nilai total Rp 60 Miliar, dan satu gedung kuliah dari BUMN sekitar Rp 50 miliar. Semoga ini cepat terealisasi agar kapasitas ruang kuliah di ITERA bisa meningkat,” tegas Rektor.
Selain pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Lampung juga menurut Rektor sangat mendukung pembangunan di ITERA, terutama dalam pembangunan Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) di Gunung Betung. Saat ini, infrastruktur jalan sedang dibangun menuju lokasi OAIL, dan gedung observatorium juga akan segera dimulai pembangunannya. “Semoga OAIL ini sudah dapat difungsikan pada Oktober 2018 mendatang,” ujar Rektor.


Tinggalkan Komentar

 



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)